Cara mengukur kaki untuk ukuran sepatu yang dibeli dari toko online

Cara mengukur kaki untuk menentukan ukuran sepatu freepik.com

foto freepik.com

Berikut ini adalah 10 cara yang bisa kamu perhatikan saat hendak membeli sepatu di toko online. Cekidot!

1. Sebelum mengukur kakimu

Pastikan menggunakan kaus kaki yang biasa kamu pakai sehari-hari. Karena ketebalan kaus kaki juga akan mempengaruhi ukuran sepatumu. Selanjutnya, pastikan untuk mengukur kaki pada saat sore atau malam hari, karena pada saat itu kaki sudah sedikit bengkak sehingga ukuran yang dihasilkan akan lebih akurat.

Jangan lupa juga untuk mengukur kaki pada permukaan yang datar dan bertekstur agar hasilnya lebih tepat.

Kemudian, pastikan untuk mengukur kedua kaki karena seringkali kaki kanan dan kiri memiliki ukuran yang sedikit berbeda. Pilih atau gunakan hasil yang terbesar sebagai patokan untuk membeli sepatu. Dengan melakukan langkah-langkah ini, kamu akan lebih mudah menemukan ukuran sepatu yang sesuai dengan kaki saat belanja online.

2. Menentukan panjang kakimu

Pakai penggaris atau alat pengukur kaki, lalu letakkan kaki di atasnya dan ukur dari ujung jari kaki hingga tumit. Pastikan untuk mengukur kaki di kedua sisi, ya. Karena seringkali ada perbedaan ukuran antara kaki kanan dan kiri.

Selain itu, lebihi sedikit dari ukuran pas supaya sepatu cukup longgar dan agar kaki memiliki ruang untuk bernapas.

3. Menentukan lebar kaki

Untuk menentukan lebar kaki saat beli sepatu dari toko online, pertama-tama pastikan bahwa kamu telah mengukur panjang dan lebar kaki dengan teliti. Selanjutnya, ukur lebar kaki menggunakan jangka sorong di titik terluas dari jejak kaki.

4. Cara mengetahui ukuran sepatu yang sesuai dengan kaki

Cari tahu panduan konversi ukuran sepatu yang sesuai dengan kaki yang telah diukur. Pastikan lagi supaya tidak salah memilih. Karena merek dan jenis sepatu tertentu mungkin memiliki ukuran yang sedikit berbeda.

5. Cara memilih toko online untuk memilih sepatu berkualitas

Cari toko yang menyediakan berbagai merek dan model sepatu yang sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya, pastikan untuk mengukur kaki dengan benar. Pilih ukuran yang tepat sesuai dengan panduan yang diberikan oleh toko online.

Lalu periksa ketersediaan stok dan waktu pengiriman agar sepatu dapat tiba tepat waktu. Terakhir, perhatikan juga metode pembayaran dan pastikan transaksi dilakukan dengan aman.

Cara mengukur kaki untuk menentukan ukuran sepatu freepik.com

foto freepik.com

6. Jangan lupakan fit yang nyaman

Perlu diingat, memilih sepatu nggak cuma yang ukurannya pas, tapi juga yang fit-nya atau kelonggarannya terasa nyaman di kaki. Maka, pastikan memilih fit yang nyaman, terutama di bagian jari kaki dan tumit. Pastikan pula untuk membaca deskripsi produk dengan seksama agar tidak salah pilih sepatu.

7. Pilih bentuk sepatu yang cocok dengan bentuk kakimu

Penting untuk memilih bentuk sepatu yang sesuai dengan kaki. Jika kaki cenderung lebar, pilihlah sepatu dengan bentuk yang lebih lebar juga. Sedangkan apabila kaki kamu ramping, sepatu dengan bentuk yang lebih ramping akan cocok untukmu.

8. Pastikan ukuran sepatu yang tercantum di website benar dan sesuai dengan ukuran asli sepatu

Jangan ragu untuk meminta bantuan customer service jika kamu masih merasa ragu dengan ukuran yang akan dipilih. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu dapat memastikan bahwa ukuran sepatu yang kamu beli benar-benar sesuai dengan ukuran sebenarnya.

9. Lebih aktif bertanya kepada penjual

Sebelum membeli sepatu dari toko online, sangat penting untuk bertanya kepada penjual mengenai detail sepatu yang akan dibeli. Pastikan untuk bertanya tentang bahan, ukuran, dan juga ketersediaan stok. Selain itu, jangan ragu untuk meminta saran mengenai model sepatu yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi yang kamu sukai.

Kamu juga perlu aktif bertanya mengenai kebijakan pengembalian barang. Jika nantinya ternyata sepatu tidak sesuai atau tidak nyaman dipakai. Dengan bertanya aktif kepada penjual, kamu dapat memastikan bahwa kamu membeli sepatu yang sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi.

10. Lihat kolom review dan testimoni pembeli sebelumnya

Sebelum membeli sepatu dari toko online, lihat dulu kolom review dan testimoni dari pembeli sebelumnya. Cara ini dapat membantu untuk memastikan kualitas dan kenyamanan sepatu. Sekaligus bisa memberikan informasi mengenai ukuran yang sebenarnya cocok untukmu.

Selain itu, cek juga setiap detail komentar yang diberikan oleh pembeli sebelumnya. Baik pada tingkat kenyamanan, kualitas bahan, dan apakah ukuran sepatu sesuai dengan standar atau cenderung besar atau kecil. Dengan memperhatikan review dan testimoni ini, kamu dapat membuat keputusan yang lebih baik sebelum membeli sepatu dari toko online tersebut. Nah, kamu pun dapat meminimalisir risiko mendapatkan produk yang tidak sesuai ekspektasi.