Brilio.net - Pagelaran pekan mode tahunan terbesar se-Asia Tenggara, Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 yang dilaksanakan di Senayan City resmi dibuka, Selasa (22/10/2019). Tahun ini JFW diselenggarakan mulai 22-28 Oktober 2019.

Pada penyelenggaraan tahun ke-12 ini, JFW mengusung tema Merayakan Indonesia dan Fashion Indonesia Mendunia. “Dengan ini, Jakarta Fashion Week 2020 resmi dibuka,” ujar Svida Alisjahbana, Chairwoman Jakarta Fashion Week sekaligus CEO GCM Group, di Fashion Tent, Senayan City, Jakarta, saat acara pembukaan, Selasa (22/10/2019).

JFW 2020 © 2019 brilio.net

Svida juga mengajak seluruh praktisi mode Indonesia untuk bersama-sama memajukan industri fashion Tanah Air menuju pentas dunia. Menurutnya, setelah 12 tahun diselenggarakan, JFW sukses membangun ekosistem bagi industri fashion di Indonesia. Malah beberapa alumni JFW kini berhasil melenggang ke pentas fashion dunia.  

“Industri fashion itu sangat luas. Kami menjadi katalis mengikat ekosistem untuk memajukan industri fashion Indonesia,” katanya.

Loading...

JFW 2020 © 2019 brilio.net

Tahun ini JFW 2020 akan menampilkan lebih dari 100 show, 250 model, serta karya 270 label dan desainer, baik dari dalam maupun luar negeri. Sedikitnya, gelaran tahun ini  akan menampilkan lebih dari 2.800 koleksi teranyar para desainer yang terlibat, termasuk desainer Indonesia Fashion Forward seperti Toton, Peggy Hartanto, ATS the Label, Cotton Ink, Jenahara, Danjyo Hiyoji, BYO, Major Minor, Sean Sheila, Friederich Herman, Rani Hatta, PVRA, Novita Yunus, Bateeq, Monday to Sunday, Day And Night, dan masih banyak lagi.

Tak ketinggalan sejumlah desainer lokal juga siap menyuguhkan karya-karya terbaik mereka seperti Oscar Lawalata, Sejauh Mata Memandang, Natalia Kiantoro, Rama Dauhan, Diniira, dan lainnya.

JFW 2020 © 2019 brilio.net

Gelaran JFW tahun ini juga diperkaya mitra internasional seperti British Council yang akan menghadirkan Intoart dan akan berbagi panggung dengan Cotton Ink. Sementara Japan Fashion Week Organization menggandeng Enharmonic Tavern, Rieka Inoue dan Yoakeh. Korea Model Association, dan Korea Creative Content Agency bakal menampilkan Desainer Seokwoon Yoon dan SETSETSET.

Yang tak kalah penting, JFW 2020 juga menjadi wadah untuk menjaring karya-karya desainer muda Tanah Air. Paling tidak, sejak digelar lebih dari satu dekade lalu, JFW membawa perkembangan pesat dalam dunia mode di Tanah Air.

JFW 2020 juga menjadi referensi bagi para pecinta mode untuk mengintip tren mode tahun depan. Lewat gelaran ini, label mode Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri. “Keberadaan Jakarta Fashion Week mengasah Indonesian label menjadi profesional label,” ungkap Svida.

JFW 2020 © 2019 brilio.net

Oh iya, JFW tahun ini juga begitu spesial karena bertepatan dengan 40 tahun Lomba Perancang Mode.