Brilio.net - Kamu penyuka sneakers? Pasti dong sudah nggak asing dengan sepatu merek Vans. Merek sepatu asal Anaheim California yang berdiri di tahun 1970 ini memang banyak digemari anak muda.

Awalnya, sepatu Vans hanyalah diperuntukkan untuk kalangan pemain skateboard dan pengendara sepeda BMX saja. Hal tersebut dinilai sebagai langkah yang berani. Terutama, karena pada tahun tersebut, mayoritas produsen sepatu berfokus pada pangsa pasar sepatu olahraga basket dan sepatu sepakbola.

Lambat laun semakin banyak anak-anak muda yang jatuh hati dengan merek sepatu ini. Terutama, di kalangan generasi milenial yang memiliki gaya hidup dinamis. Berikut sejumlah alasan di balik popularitas merek sepatu Vans di kalangan generasi milenial.

1. Cocok dikenakan di berbagai kesempatan

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

6 Alasan sneakers Vans digemari anak muda © 2021 brilio.net

Sepatu ini menonjolkan kesan yang sporty. Selain cocok untuk menonjolkan sisi aktif nan sporty, sepatu ini juga sangat ideal untuk digunakan saat santai. Malah kamu juga bisa memadukannya dengan celana panjang atau jas untuk kesan semi-formal. Tidak hanya sepatu sneakers, Vans juga merilis model sepatu kulit yang pastinya dapat membuat penampilan formal Anda terlihat gagah.

2. Modelnya bervariasi

6 Alasan sneakers Vans digemari anak muda © 2021 brilio.net

Tidak hanya memiliki variasi warna yang beragam, Vans juga meluncurkan sepatu dengan variasi warna netral. Jadi kamu tidak akan mengalami kesulitan saat harus memadupadankan dengan busana yang dikenakan. Vans juga merilis sepatu sneakers dengan berbagai model yang menarik. Tidak hanya meluncurkan produk sepatu sneakers bergaya klasik, Vans juga menawarkan produk sepatu sneakers dengan model edgy namun tetap nyaman untuk dikenakan.

3. Bisa di-custom

6 Alasan sneakers Vans digemari anak muda © 2021 brilio.net

Kamu juga bisa memanfaatkan layanan custom made untuk sepatu dengan motif dan warna custom. Pihak Vans akan membantu mewujudkan mimpi kamu untuk memiliki sepatu yang unik tersebut dengan biaya yang sudah ditetapkan. Kamu dapat menuangkan ide kreatif yang dimiliki dan mengenakannya dengan penuh rasa percaya diri.

4. Nyaman dipakai dan awet

6 Alasan sneakers Vans digemari anak muda © 2021 brilio.net

Tidak hanya dari segi penampilan, sepatu ini juga nyaman dikenakan. Kaki tidak akan merasa lelah. Hal tersebut berkat adanya bantalan empuk dan tebal yang terletak pada bagian sol. Bantalan tersebut dapat membantu kaki agar lebih maksimal menyangga berat tubuh Anda.

Selain itu, material kanvas pada sepatu ini juga menjamin perlindungan yang optimal terhadap kaki. Sepatu Vans juga sangat dikenal dengan keawetannya. Tentunya, dengan perawatan yang tepat, sepatu ini bisa menemani kamu dalam waktu yang cukup lama.

5. Material berkualitas

6 Alasan sneakers Vans digemari anak muda © 2021 brilio.net

Salah satu rahasia di balik keawetan dari sepatu ini adalah kualitas materialnya. Terbuat dari kombinasi material kain kanvas dan katun berkualitas premium. Serat-serat kain yang kuat tersebut menjamin sepatu ini tidak mudah robek. Sehingga, sepatu ini mampu memberikan perlindungan maksimal untuk kaki. Tak hanya itu, sol sepatu ini terbuat dari material karet yang tebal dan anti slip. Kemampuan mencengkram yang luar biasa membuat kamu nyaman berolahraga dan terhindar dari resiko cedera.

6. Bisa jadi investasi

6 Alasan sneakers Vans digemari anak muda © 2021 brilio.net

Sepatu Vans juga bisa dijadikan sarana investasi lho. Untuk membeli sepatu Vans yang asli, kamu memang harus merogoh kocek yang cukup dalam. Namun, hal tersebut bisa dijadikan sebagai modal untuk kemudian hari. Tentu saja, kamu harus memastikan kondisi sepatu tersebut masih sangat baik. Sehingga, harga jual yang bisa diperoleh pun semakin mahal. 

Cara membedakan yang asli vs palsu

Membeli sepatu Vans tidak boleh dilakukan secara gegabah. Terlebih lagi, saat ini banyak sepatu Vans palsu alias KW yang ditawarkan jauh lebih murah. Agar tidak tertipu, sebaiknya kamu tahu cara membedakan antara sepatu Vans yang asli dengan yang palsu.

1. Perhatikan logo

6 Alasan sneakers Vans digemari anak muda © 2021 brilio.net

Salah satu penanda pasti produk sepatu merek Vans asli bisa dilihat dari logonya yang terdapat di bagian sol dalam sepatu. Memiliki logo khas dan sulit diimitasi. Logo tersebut terlihat pada huruf V yang mengambil bentuk simbol akar di dalam rumus matematika. Sedangkan inisial huruf R di dalam lingkaran kecil terletak setelah huruf S.

Cetakan logo huruf tersebut terlihat tebal dan jelas. Ketebalan logo huruf tersebut bahkan menutup pori-pori sol sepatu. Sebelum membeli, sebaiknya mengecek bagian sol dalam sepatu terlebih dahulu. Jika tulisan logo tersebut terlihat tipis atau samar, bisa jadi sepatu tersebut palsu.

2. Perhatikan bagian jahitan

Hal lain yang wajib diperhatikan adalah memeriksa bagian jahitan. Sepatu Vans yang asli tentunya memiliki jahitan yang rapi dan simetris dan tentunya kuat. Kamu bisa mengecek kekuatan benang tersebut dengan mencoba melepaskan jahitan menggunakan kuku tangan. Benang yang digunakan pada produk sepatu Vans KW juga berkualitas rendah dan mudah putus.

3. Cek bagian sol bawah sepatu

6 Alasan sneakers Vans digemari anak muda © 2021 brilio.net

Cek juga bagian sol bawah. Sepatu Vans asli terdapat pola berbentuk persegi enam bersambungan di bagian tengah yang membentuk pola bintang Davis. Detail kecil ini hanya ditemukan pada merek sepatu Vans yang asli.

4. Mengecek bagian kode waffle

Kamu juga perlu memperhatikan kode waffle yang tertera pada sol tersebut. Kode waffle merupakan kode produksi yang menunjukkan pabrik di mana sepatu Vans tersebut diproduksi. Masing-masing negara memiliki kode waffle yang berbeda. Kode waffle sepatu Vans di Indonesia ditunjukkan dengan huruf GSI. Sedangkan, China memiliki 3 kode waffle, yaitu IFC, SHC, dan ZDC.

5. Mengecek kode pada boks sepatu

Kamu juga bisa mengecek kode yang terdapat pada boks sepatu. Untuk mengecek keaslian sepatu Vans lewat kode ternyata sangatlah mudah. Kamu hanya perlu memasukkan kombinasi kode tersebut ke kolom pencarian di Google. Jika sepatu tersebut asli, maka Google akan langsung menampilkan seri sepatu tersebut pada situs Vans. Namun, jika hasil pencarian Google ternyata tidak menunjukkan hasil apapun, maka produk sepatu tersebut sudah pasti palsu.

6. Ada harga ada rupa

6 Alasan sneakers Vans digemari anak muda © 2021 brilio.net

Salah satu penentu pasti dari asli tidaknya produk sepatu Vans yang akan Anda beli bisa dilihat dari harganya. Vans merupakan produsen sepatu dengan nama yang sudah mendunia. Sudah pasti, produk sepatu yang ditawarkan pun tidak murah. Untuk satu pasang sepatu merek Vans, paling tidak kamu harus merogoh kocek sebesar Rp 500.000. Semakin langka sepatu tersebut, sudah pasti semakin mahal pula harganya. Sebaliknya jika kamu mendapatkan produk sepatu Vans dengan harga yang jauh di bawah Rp500 ribu, bisa dipastikan itu merupakan sepatu palsu.

Tips merawatnya

Agar dapat digunakan terus hingga bertahun-tahun, simak tips merawat sepatu Vans berikut ini.

1. Jangan tunda mencuci saat sepatu kotor

Sneakers Vans © 2021 brilio.net

Saat sepatu kotor, jangan menunda untuk mencucinya. Semakin lama kamu menundanya, maka kotoran yang menempel tersebut akan semakin sulit untuk dibersihkan dan membuat sepatu kamu terlihat kusam.

2. Hindari mencuci dengan mesin cuci

Sangat disarankan mencuci sepatu secara manual. Untuk menggosok bagian yang terkena kotoran, kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas. Hindari menggunakan mesin cuci. Putaran mesin cuci dapat mengakibatkan material sepatu lebih mudah terkoyak dan beresiko menyusut. Tekstur kain pun menjadi kasar. Sehingga membuat sepatu tersebut tidak lagi nyaman dikenakan.

3. Simpan di tempat kering dan sejuk

Saat menyimpan sepatu, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering dengan sirkulasi udara yang baik. Hal tersebut ditujukan untuk mencegah munculnya aroma yang tidak sedap pada sepatu dan menghindarinya dari jamur. Jika harus diletakkan di dalam lemari tertutup, gunakan silica gel yang berperan dalam membantu menyerap kelembapan.

(brl/red)

(brl/red)