Brilio.net - Saat ini belanja online menjadi salah satu pilihan favorit orang-orang. Belanja online tidak hanya menawarkan kemudahan, namun juga punya banyak variasi barang yang tengah kamu cari. Alhasil, kamu dapat melengkapi berbagai kebutuhan dengan mudah.

Saat berbelanja online, setelah membayar pesanan tentunya akan mendapatkan resi. Saat berbelanja online resi memiliki peran penting dalam berbagai aspek, maka dari itu perlu dilakukan cek resi. Nah, lalu apa sih resi itu? Berikut penjelasan pentingnya resi dan cara mudah ceknya di Bukasend yang telah brilio.net himpun dari berbagai sumber, Selasa (25/7).

cara mudah cek resi di BukaSend © shutterstock.com

foto: shutterstock.com

Pentingnya Resi.

Resi merupakan dokumen atau tanda bukti transaksi yang dikeluarkan oleh pihak pengirim kepada penerima ketika suatu barang atau paket dikirim melalui layanan kurir atau jasa pengiriman.

1. Bukti pengiriman.

Resi merupakan bukti fisik atau bukti yang menunjukkan bahwa barang telah dikirim dan diterima oleh jasa pengiriman. Hal ini sangat penting untuk menghindari potensi masalah seperti hilangnya barang atau klaim dari pihak penerima bahwa barang tidak pernah diterima.

2. Verivikasi transaksi.

Dari segi bisnis, resi digunakan sebagai alat verifikasi bahwa suatu transaksi telah dilakukan. Resi membantu memastikan bahwa pembayaran telah dilakukan dengan benar dan barang telah diserahkan kepada konsumen. Ini juga berguna untuk mendokumentasikan setiap transaksi dan menyederhanakan proses akuntansi.

3. Pengaduan dan klaim.

Jika terjadi masalah atau kerusakan pada barang selama pengiriman, resi adalah bukti yang dapat digunakan untuk mengajukan pengaduan atau klaim. Tanpa resi, pihak pengirim dan penerima akan kesulitan membuktikan bahwa barang telah dikirim atau diterima dalam kondisi tertentu.

4. Pelacakan pengiriman.

Resi sering menyertakan nomor pelacakan yang unik, yang memungkinkan pelanggan dan jasa pengiriman untuk melacak status dan lokasi barang selama proses pengiriman. Ini memberikan tingkat transparansi yang tinggi dan memungkinkan penerima untuk mempersiapkan diri dalam menerima barang.

5. Kepuasan pelanggan.

Dengan memberikan resi kepada pelanggan, perusahaan kurir atau toko online menunjukkan profesionalisme dan memberikan rasa percaya diri kepada konsumen. Pelanggan akan merasa lebih aman dan nyaman bertransaksi dengan perusahaan yang memberikan bukti tertulis tentang pembeliannya.

6. Pengelolaan inventaris.

Bagi perusahaan atau penjual, resi membantu dalam mengelola inventaris dan stok barang. Dengan mencatat setiap transaksi dalam bentuk resi, maka dapat memantau aliran barang masuk dan keluar, menjaga persediaan yang cukup, serta menghindari kekurangan atau kelebihan stok.

7. Keamanan dan pemulihan.

Resi juga berfungsi sebagai langkah keamanan tambahan bagi pihak pengirim. Jika ada keraguan atau keluhan dari pihak penerima tentang pengiriman, pihak pengirim dapat menggunakan resi sebagai alat untuk membantu mengklarifikasi atau mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi.

Nah, itulah pentingnya resi saat berbelanja ataupun mengirim barang secara online. Karena resi sangat penting, maka perlu memeriksanya untuk mengetahui status pengiriman barang. Salah satu cara mudahnya adalah melalui BukaSend.

Apa itu BukaSend?

BukaSend merupakan fitur dari Bukalapak, merupakan fitur pengiriman yang dapat diakses melalui aplikasi Bukalapak atau Mitra Bukalapak. Fitur ini bisa diandalkan oleh siapa saja untuk mengirim paket tanpa perlu pergi ke agen ekspedisi terkait.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat dan kemudahan seperti punya banyak pilihan jasa pengiriman, pembayaran yang lebih aman, paket langsung dijemput oleh kurir, serta dapat melihat live tracking pengiriman barangmu. BukaSend sangat membantu dalam pengiriman barang. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan cashback yang melimpah, serta BukaSend juga melayani berbagai macam jenis paket.

Cara cek resi di BukaSend.

Untuk cek resi di BukaSend, ada dua cara yang bisa dilakukan. Yang pertama, melalui website resmi BukaSend. Caranya berikut ini:

- Cari ‘BukaSend’ di mesin pencarian
- Pilih BukaSend yang ada pada website Bukalapak
- Website akan menampilkan halaman BukaSend
- Masukkan nomor resi dan pilih kurir yang sesuai dengan barangmu
- Jika nomor resi dan kurir sesuai, website akan menampilkan status pengiriman barangmu.

Cara kedua, khusus untuk kamu yang mengirim paket via BukaSend, caranya juga mudah. Kamu bisa melacak paket melalui dashboard BukaSend dengan memasukkan nomor resimu. Cek nomor resi di BukaSend berlaku untuk kamu yang mengirim barang melalui BukaSend atau di luar BukaSend.

Dengan BukaSend, urusan mengirim paket jadi lebih fleksibel dan mudah. Belum lagi dengan keuntungan lain seperti cashback dan pilihan kurir yang beragam. Beberapa kurir yang ada di BukaSend ada Sicepat, JNE, Lion Parcel, JTR, Ninja Xpress, Anteraja, J&T, dan jasa pengiriman lainnya.

Secara keseluruhan, resi memiliki peran krusial dalam mengamankan dan mengelola transaksi pengiriman. Dengan adanya resi, pihak pengirim, penerima, dan jasa pengiriman dapat memastikan bahwa barang dikirim dan diterima dengan benar, serta dapat menangani masalah potensial dengan lebih mudah dan efisien. Untuk itu, cek resi sekarang bisa lebih mudah hanya di BukaSend!