Kandungan emas di daerah ini kabarnya lebih besar dari Freeport

Emas memang sangat mahal harganya. Logam mulia satu ini paling dicari oleh penambang. Di Indonesia salah satu tambang emas paling terbesar ada di Papua. Penambangan dilakukan oleh PT Freeport.

Nah dilansir dari kanal YouTube seribu1, ternyata kandungan emas juga tersebar di daerah lain di Indonesia. Salah satunya di Kabupaten Seluma, Bengkulu. Kandungan emas di sana diprediksi melebihi di tambang Freeport.

Informasinya, potensi kandungan emas melebihi satu jutaounces. Dalam hitungan kasar, satuouncessetara dengan 280 gram.

Seiring besarnya potensi tersebut, sangat dimungkinkan jumlah kandunganemasdi Seluma lebih banyak dari yang dikelola oleh PT Freeport di Papua. Sebab luasan wilayah yang dijangkau jika dieksploitasi bisa mencapai 90 ribu hektare.

Saat ini sudah ada dua perusahaan yang mengajukan permohonan izin eksplorasi ke Dinas ESDM Bengkulu yaitu PT Energi Swa Dinamika Muda dan PT Prima Persada Utama. Salah satu perusahaan itu malah mengajukan izin eksplorasi di lintas provinsi, sebab peta wilayah yang diajukan, termasuk kawasan hutan yang berada di Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan.

Sayangnya kawasan yang memiliki potensi kandungan emas di Kabupaten Seluma, khususnya di Desa Hulu Alas dan Semidang Alas Maras, sudah mulai dimasuki para penambang emas liar. Para Penambang Emas Tanpa Izin itu akan segera ditertibkan. Sebab selain melakukan aktivitas liar, mereka juga dikhawatirkan tidak bisa menjaga keseimbangan lingkungan dan mengancam ekosistem yang ada.