Mungkin bawang putih hitam atau black garlic masih terasa asing di telinga. Namun, saat ini kepopuleran bawang putih hitam ini telah banyak dikenal dan digunakan oleh para chef. Bawang putih hitam memiliki tekstur kenyal serta kandungan senyawa yang lebih lembut sehingga dapat mengurangi bau khas bawang putih biasa yang menyengat.

Hal ini disebabkan adanya penurunan senyawa allicin (yang bertanggung jawab atas bau bawang putih) dan terjadi peningkatan senyawa lain seperti S-allylcysteine (SAC) yang larut dalam air. SAC adalah antioksidan kuat serta mudah diserap dan kurang beracun daripada senyawa lain yang biasanya ditemukan dalam bawang putih. Selain itu, kelebihan lainnya yakni kandungan nutrisi pada black garlic yang lebih mumpuni.

Bawang putih hitam, bahan yang bermanfaat buat kesehatan

Black garlic sendiri merupakan siung segar bawang putih yang disimpan pada suhu tinggi (biasanya 65-80'C) dan kelembapan (70-80%) selama beberapa minggu. Proses pengawetan ini dikenal dengan "Maillard Reaction" yang menghitamkan bawang putih dan mengubah sifat kimianya. Nah, berikut beberapa keajaiban dan manfaat dari black garlicyang dirangkum dari laman web simplysupplements.co.uk dan laman garlicmatters.com.

1. Menurunkan kolesterol, darah tinggi, dan kardiovaskular.

Mengonsumsi black garlicdapat mengalami peningkatan lipoprotein berkepadatan tinggi (kolesterol baik) yang berarti hal tersebut menawarkan manfaat bagi sistem kardiovaskular dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Kesehatan jantung pun akan meningkat.

2. Kaya Antioksidan.

Para ahli menemukan bahwa ekstrak black garlic atau bawang putih hitam menunjukkan aktivitas imunostimulan yang lebih kuat daripada bawang putih umumnya. Hasilnya menunjukkan korelasi yang kuat antara aktivitas bawang putih hitam dan aktivitas antioksidan yang memperkuat sistem kekebalan tubuh, memiliki sifat antibakteri, anti-karsinogenik dan anti-tumor.

3. Meregenerasi sel-sel kulit.

Antioksidan yang terkandung dalam black garlic akan menghambat perusakan dan memperbaiki sel rusak pada jaringan kulit. Sebagai akibatnya, kulit tetap terjaga dan pengeriputan atau penuaan dapat teratasi.

4. Efek anti-inflamasi.

Sebuah studi di Korea menemukan bukti yang menunjukkan bahwa efek anti-inflamasi pada black garlic memiliki peran pada pencegahan dan penyembuhan penyakit radang.

5. Mengandung lebih banyak vitamin.

Kandungan vitamin pada bawang putih hitam lebih tinggi. Para ahli menemukan jika proses penyimpanan bawang putih hingga menjadi bawang putih hitam berdampak dengan terpusatnya vitamin. Total kandungan vitamin yang larut dalam air meningkat sekitar 1,15-1,92 kali. Black garlic sangat tinggi antioksidan , kalsium, fosfor dan protein. Selain itu juga nutrisi seperti Magnesium, Selenium, Vitamin B6 dan Vitamin C.

Selain sebagai bumbu masak, ternyata bawang putih juga memiliki banyak khasiat dan kegunaan. Salah satunya di proses menjadi bawang putih hitam atau black garlic yang juga kaya akan manfaat. Gimana, siap mencoba memasukkan black garlic pada menu kamu?