Saat pergantian tahun banyak sekali masyarakat yang merayakannya dengan berbagai cara. Berikut ini adalah beberapa cara masyarakat di dunia merayakan Tahun Baru.

1. Jepang

5 Tradisi unik menyambut Tahun Baru di berbagai negara Warga Jepang berbondong-bondong mendatangi Kuil

Negara pencinta anime ini merayakan tahun baru dengan pergi ke Kuil untuk berdoa Setelah pergantian tahun mereka secara bergantian membunyikan lonceng kemudian berdoa tentang harapan-harapan di tahun yang baru.

Setelah itu mereka akan menerima undian mengenai peruntungannya di tahun yang akan datang. Lalu, mereka akan berkumpul dengan keluarga, kekasih ataupun teman-temannya.

2. Filipina

5 Tradisi unik menyambut Tahun Baru di berbagai negara

Warga Filipina sedang merayakan tahun baru dengan baju bermotif polkadot

Negara yang dipimpin oleh Rodrigo Duterte mempunyai ciri khas dalam merayakan tahun baru yaitu dengan mengenakan sesuatu yang bernuansa lingkaran atau bulat.

Mereka percaya lingkaran adalah simbol 'Pengharapan Rezeki'. Oleh karena itu, tak heran menjelang tahun baru. Baju bermotif polkadot bertebaran dimana-mana dan makanan yang bentuknya bulat biasanya di temukan di acara santap malam bersama.

3. Spanyol

5 Tradisi unik menyambut Tahun Baru di berbagai negara Warga Spanyol sedang makan 12 butir anggur bersama-sama di detik-detik pergantian tahun baru

Negeri Matador ini mempunyai kebiasaan unik menjelang pergantian tahun baru yaitu dengan memakan 12 butir anggur di saat detik-detik terakhir menuju pergantian tahun. Oleh karena itu, ga aneh kalau banyak anggur yang sudah disiapkan 12 butir. 12 butir anggur melambangkan 12 bulan berikutnya dan 12 harapan yang akan terkabul di tahun yang akan datang.

4. Yunani

5 Tradisi unik menyambut Tahun Baru di berbagai negara 5 Tradisi unik menyambut Tahun Baru di berbagai negara

Kue Vasilopita

Apakah kalian pernah mendengar ada koin atau cincin yang sengaja di letakan dalam kue ? Ya, biasanya itu digunakan untuk melamar kekasih saat dinner .

Tetapi apakah kalian tahu? bahwa sebenarnya itu adalah tradisi orang Yunani dalam merayakan tahun baru. Masyarakat Yunani akan membuat Roti atau Kue yang disebut "Vasilopita"yang di dalamnya ada jimat atau koin yang dianggap membawa keberuntungan di tahun yang akan datang.

Kepala keluarga akan membagikan vasilopita kepada anggota keluarganya dan kerabat terdekatnya.

5. Belgia

5 Tradisi unik menyambut Tahun Baru di berbagai negara 5 Tradisi unik menyambut Tahun Baru di berbagai negara

Anak-anak menulis suratNiuwjaarrsdag

Di Belgia saat pergantian tahun baru ada tradisi yang disebut "Niuwjaarrsdag"yaitu kegiatan menulis surat untuk orang tuanya kemudian dibacakan saat pergantian tahun yang berisi tentang harapan-harapan yang akan dilakukannya di tahun yang baru. Seperti membuat resolusi di tahun yang akan datang.

yang dewasa bagaimana sudah buat surat resolusi di masa depan belum? Sejatinya kita harus lebih baik di masa depan daripada masa sekarang.

Selamat merayakan tahun baru.