Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda tentang dua kelompok yang termasuk ahli neraka dan beliau belum pernah melihatnya,

"Dua kelompok termasuk ahli neraka, aku belum pernah melihatnya, suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi, mereka memukul manusia dengna cambuknya dan wanita yang kasiyat (berpakaian tapi telanjang, baik karena tipis atau pendek yang tidak menutup auratnya), mailat mumilat (bergaya ketika berjalan, ingin diperhatikan orang), kepala mereka seperti punuk onta. Mereka tidak masuk surga dan tidak mendapatkan baunya, padahal baunya didapati dengan perjalanan demikian dan demikian." (HR. Muslim 3971, Ahmad 8311 dan Imam Malik 1421)

1. Pastikan pakaian yang kamu gunakan tidak membentuk tubuh

Bingung mulai berpenampilan syar'i? Ini 5 cara sederhananya

Hindari penggunaan celana, karena celana cenderung membentuk lekuk tubuh. Akan lebih baik jika kalian mulai menggunakan gamis.Hal ini sebagaimana terdapat dalam hadits dari Usamah bin Zaid ketika ia diberikan baju Qubthiyah yang tebal oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, ia memberikan baju tersebut kepada istrinya. Ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengetahuinya, beliau bersabda,

"Perintahkanlah ia agar mengenakan baju dalam di balik Qubthiyah itu, karena saya khawatir baju itu masih bisa menggambarkan bentuk tubuh." (HR. Ad Dhiya' Al Maqdisi, Ahmad dan Baihaqi dengan sanad hasan)

2. Pastikan Hijabmu Menutupi Dadamu

Bingung mulai berpenampilan syar'i? Ini 5 cara sederhananya

Walaupun bajumu sudah longgar, kamu tetap wajib memakai hijab yang menutup dada. Karena wanita diperintahkan untuk menjulurkan hijab sampai menutup dada.Hal ini dipaparkan di surat An Nuur ayat 31,

Katakanlah kepada wanita yang beriman, Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, ayah mereka, ayah suami mereka, putra-putra mereka, putra-putra suami mereka, saudara-saudara laki-laki mereka, putra-putra saudara lelaki mereka, putra-putra saudara perempuan mereka, wanita-wanita Islam, budak-budak yang mereka miliki, para pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita), atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung. (QS. An-Nur:31)

3. Jangan Lupa Pakai Dalaman Ketika Memakai Hijab

Bingung mulai berpenampilan syar'i? Ini 5 cara sederhananya

Dalaman hijab merupakan hal yang penting, karena jika tidak menggunakan dalaman hijab, maka ada kemungkinan rambut kalian akan menjulur keluar hijab kalian. Selain kelihatan tidak rapi, rambut juga merupakan aurat yang tidak boleh terlihat.

4. Gunakan Celana Panjang Di dalam Rok/Gamismu

Bingung mulai berpenampilan syar'i? Ini 5 cara sederhananya

Saat menggunakan rok ataupun gamis, maka ada kemungkinan rok tersingkap ketika terkena angin dan lain-lain. Nah, agar aman kalian bisa menggunakan celana panjang didalam rok atau gamis yang kamu kenakan sehingga kalau sekiranya rok mu tersingkap, auratmu tidak akan terlihat.

5. Gunakan Kaos Kaki Selalu

Bingung mulai berpenampilan syar'i? Ini 5 cara sederhananya

Kaki merupakan aurat juga loh buat perempuan, jadi jangan lupa menggunakan kaos kaki ya. Untuk yang suka menggunakan sendal jepit juga tenang saja, karena sekarang sudah banyak kaos kaki yang ada tempat khusus untuk bagian jarinya, jadi memudahkan kalian saat mau menggunakan sendal jepit. Ada juga loh kaos kaki khusus wudhu yang akan memudahkan kalian untuk berwudhu.