Kamu punya band dan mau rekaman tapi tak punya budget yang cukup untuk rekaman di studio? Atau kamu ingin membuat sebuah cover lagu namun kamu cuma sendiri dan tak punya budget yang cukup buat rekaman di studio?

Nah, berikut ini adalah cara-cara rekaman yang bisa kamu lakuin dengan budget minim.

1. Sambungkan gitar listrikmu ke PC dengan Converter Jack Mono.

Tips recording lagu dengan budget rendah, bisa bikin album sendiri!

Jika kamupunya gitar listrik atau gitar akustik yang dapat disambung dengan kabel amplifier atau bahkan bass, kamu bisa menyambungkan gitarmu dengan Converter Jack Mono. Aplikasi tambahan yang kamu butuhkan untuk merekam suara gitar yang diterima oleh komputer adalah Audacity. Setelah itu, kamu bisa merekam suara gitarmu dengan kualitas yang jernih walaupun tentu saja tak akan sebagus rekaman dengan alat-alat studio. Kisaran harga Converter Jack Monoberagam, mulai dari Rp. 2000 sampai Rp. 15.000.

2. Gunakan Virtual Amplifieruntuk menambahkan efek ke gitarmu.

Tips recording lagu dengan budget rendah, bisa bikin album sendiri!

Selain bisa menggunakan Audacityuntuk merekam suara gitar yang masuk ke komputer, kamu juga bisa menggunakan Guitar Rig 5.Bedanya, dengan Guitar Rig 5kamu bisa menambahkan berbagai macam efek ke suara gitarmu layaknya efek-efek amplifier yang digunakan oleh band-band ternama. Di aplikasi amplifier virtual ini terdapat konfigurasi efek lagu-lagu seperti Boulevard of Broken Dreamsdari Green Day, Iron Manoleh Black Sabbathdan lain-lain. Selain ada efek untuk gitar, Guitar Rig 5juga menyediakan efek untuk vokal, bass dan drums.

3. Menggunakan Microphoneuntuk merekam segalanya.

Tips recording lagu dengan budget rendah, bisa bikin album sendiri!

Cara lain dalam rekaman adalah dengan menggunakan microphone yang disambungkan ke komputermu. Kamu bisa meletakkan microphonedi dekat gitar untuk merekam gitarmu, kamu bisa meletakkan microphone-mu di dekat drums di studio rental yang kisaran harga perjamnya dari Rp. 25.000 sampai 50.000. Harga microphone sendiri beragam mulai dari Rp. 150.000 sampai Rp. 500.000. Sedikit lebih murah dan kamu bisa merekam sebanyak lagu yang kamu mau dibandingkan rekaman di studio yang berkisar mulai dari Rp. 800.000 sampai Rp. 2.000.000 per lagu.

4. Menggunakan Virtual Instruments.

Tips recording lagu dengan budget rendah, bisa bikin album sendiri!

Kalau kamu sama sekali tak punya instrument atau budget untuk menyewa instrument yang kamu inginkan, cara terakhir dalam melakukan rekaman lagu ya dengan menggunakan virtual instrument. Namun, yang namanya virtual instrument sudah pasti tak sebagus dan senyata hasil rekaman yang dimainkan dengan instrument sungguhan. Virtual instrument bisa kamu gunakan untuk membuat cakaran dari lagu yang akan kamu rekam secara sungguhan. Ada banyak sekali aplikasi virtual instrument di internet yang bisa kamu pilih. Untuk vokal, kamu bisa menggunakan handphone mu.