Seperti hal biasanyasebelum peluit dari wasit sebagai tanda memulai pertandingan sepak bola, kedua tim akan bersalaman dengan sang wasit dan tidak lupa pemain lawan terlebih dahulu. Namun, kali iniada pemandangan yang berbeda dan unik sekaligus membuat kita patut apresiasi kepada aksi anak-anak bangsa ini. Dalam pergelaran kejuaraan Danone Nations Cup 2017 Timnas Indonesia, sungguh menarik perhatian dunia, karena anak-anak timnas Indonesia mencium tangan wasit sebelum pertandingan.

Memang Timnas Indonesia bisa dikatakan gagal menjuarai Danone Nations Cup 2017 saat dikalahkan dengan negara Ghana. Namun meski kalah, ada beberapa aksi timnas Indonesia saat di lapangan sepak bola yang tertangkap kamera dan menjadi perbincangan dunia dalam ajang olahraga tersebut.

Hal yang paling diperbincangkan adalah aksi mencium tangan wasit sebelum memulai pertandingan.Terlihat jelas, anak-anak ini seolah-olah tidak lupa dengan budaya dan adat istiadat Indonesia yang menunjukkan rasa hormat terhadap orang yang lebih tua. Selain mencium tangan wasit, ada beberapa aksi pemain yang tertangkap kamera sedang mengenakan blangkon yang semakin menguatkan identitas budaya Indonesia.

Seperti ini cuplikan video singkat saat Timnas Indonesia tertangkap kamera sedang mencium tangan para wasit

Usut boleh usut, ternyata budaya cium tangan kepada wasit ini juga sering dilakukan di ajang kejuaraanDanone Nations Cup di setiap tahunnya. Jadi jangan heran, aksi anak bangsa ini membuat para wasit tersenyum dan kadang heran. Bahkan kabar baiknya, mencium tangan wasit ini memang paling pertama dan sering dilakukan oleh timnas Indonesia saat prosesi salaman dengan wasit sebelum pertandingan. Maka tidak mengherankan lagi, bahwa aksi terpuji ini menarik perhatian dunia.

Dengan viralnya aksi tersebut, banyak netizen Indonesia beramai-ramai mengucapkan rasa bangga dan selamat sekaligus mengapresiasi sikap kesopanan anak-anak bangsa itu di ajang dunia. Bahkan banyak netizen berharap agar budaya tersebut tetap dilestarikan dan terus menjadi budaya yang tidak akan pernah pudar oleh waktu.

Namun disisi lain ada momen lucu yang tertangkap kamerabahkan aksi mencium tangan ini sampai ditiru oleh pemain lawan yakni timnas Afrika Selatan.

Karena sering timnas Indonesia mencium tangan wasit, sampai pemain Afrika Selatan ini juga ikutan.

Aksi cium tangan pemain muda Indonesia kepada wasit Eropa jadi sorotan

Lucunya aksi tersebut terekam kamera yang memperlihatkan pemain AfrikaSelatan sedang mencium tangan pemain timnas Indonesia saat laga berakhir menang 3-0 untuk Indonesia yang padahal usia mereka sama-sama di bawah 12 tahun.

Kok kelihatan polos dan lucu ya pemain Afrika Selatan ini. Bahkan foto ini pun sudah menjadi viral dan perbincangan hangat di Indonesia karena gestur polosnya yang mengikuti budaya Indonesia. Sungguh membanggakan ya!