×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tepid sponge, metode lawas yang sering kali dilupakan

0

Kesehatan

Tepid sponge, metode lawas yang sering kali dilupakan

Jika anak demam dan obat habis, jangan langsung panik. Segera lakukan metode tepid sponge.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Marina Eliza

04 / 01 / 2019 15:05

Sakit demam umum dialami oleh banyak orang. Menurut Potter dan Perry (2009), demam terjadi akibat ketidakmampuan mekanisme kehilangan panas untuk mengimbangi produksi panas yang berlebih sehingga terjadi peningkatan suhu tubuh. Gejala demam dapat dipastikan dari pemeriksaan suhu tubuh yang lebih tinggi dari rentang normal. Dikatakan demam, apabila pada pengukuran suhu rektal (dubur) >38 dercel (derajat celsius) atau suhu oral (mulut) >37,8 dercel atau suhu aksila (ketiak) >37,2 dercel, sedangkan pada bayi berumur kurang dari 3 bulan, dikatakan demam apabila suhu rektal > 38 dercel dan pada bayi usia lebih dari 3 bulan apabila suhu aksila dan oral lebih dari 38,3 dercel (Greg kelly, 2006).

Bagaimana angka-angka ini bisa muncul? Mengukur suhu tubuhnya pastikan dengan alat termometer ya, bukan hanya dengan menempelkan tangan di dahi.

Apa yang dimaksud dengan tepid sponge?

Tepid sponge adalah sebuah teknik kompres hangat yang menggabungkan teknik kompres blok pada pembuluh darah supervisial dengan teknik seka (Alves, 2008). Bahasa gampangnya, si anak kita seka dengan kain/washlap yang sudah direndam air hangat suam-suam kuku. Kompres tepid sponge bekerja dengan cara vasodiltasi (melebarnya) pembuluh darah perifer di seluruh tubuh sehingga evaporasi panas dari kulit ke lingkungan sekitar akan lebih cepat.

Bagaimana cara kompres tepid sponge?

Loading...

1. Rendam sejenak kain dengan air hangat suam-suam kuku

2. Kompres pada 5 titik, yaitu leher, ketiak kanan-kiri, serta 2 pangkal paha kanan-kiri

3. Tambahkan menyeka bagian perut dan dada atau seluruh badan

4. Basahi lagi kain jika sudah kering

cara tepid sponge

Kompres tepid sponge ini sudah terbukti efektif untuk menurunkan panas tubuh saat demam, bahkan lebih cepat daripada meminum obat penurun panas. Penelitian dari Thomas (2009) menunjukkan penurunan suhu tubuh kelompok water tepid sponge secara signifikan lebih cepat dibandingkan kelompok antipiretik (penurun panas). Namun, pada akhir 2 jam kelompok telah mencapai tingkat penurunan suhu tubuh yang sama. Hal ini diperkuat lagi oleh hasil penelitian Jayjit (2011) yang menunjukkan kelompok water tepid sponge lebih cepat menurunkan suhu tubuh dibandingkan dengan kelompok antipiretik (penurun panas).

Nah, sekarang jangan langsung panik ya kalau stok obat kosong saat anak sedang demam. Segera lakukan tepid sponge tadi dengan catatan jangan paksa anak jika dia menolak ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga yang sedang sakit segera pulih dan ceria kembali.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    100%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red