×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tembus Rp 14.900 per Dollar AS, ini dampaknya ke perekonomian RI

0

Ekonomi

Tembus Rp 14.900 per Dollar AS, ini dampaknya ke perekonomian RI

Pada hari selasa dikabarkan bahwa Rupiah semakin mengalami tekanan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

simon rajagukguk

05 / 09 / 2018 19:17

Nilai tukar Dollar Amerika Serikat (AS) kembali meningkat, akibatnya nilai rupiah semakin tertekan. nilai tukar mata uang lain di Asia juga mengalami tekanan. Tepatnya Selasa 4 September 2018, Rupiah tembus sekitar Rp 14.900 per Dollar AS. Melemahnya rupiah juga mempengaruhi pasar saham di Indonesia. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok sampai 1,73% ke posisi 5.783,035. 

Dampak lainnya yang akan kita rasakan adalah kenaikan harga kebutuhan pokok dan jasa seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini.

1. Barang-barang elektronik

Image result for electronic devices

Untuk kenaikan barang-barang elektronik tidak semuanya yang naik, ada beberapa jugayang tetap bertahan. Mungkin hanya barang-barang elektronik yang impor saja yang mengalami kenaikan seperti laptop, televisi, telepon pintar, dan perangkat elektronik impor lainnya. 

2. Produk fashion

Image result for fashion

Loading...

Bagi kamu yang senang berbelanja juga tentunya wajib waspada, karena diperkirakan akan ikut mengalami kenaikan. Sama halnya seperti barang-barang elektronik, produk fashion juga tidak semuanya akan naik. Mungkin hanya produk fashion impor saja yang akan mengalami kenaikan.

3. Paket perjalanan

Image result for travel

Perusahaan agen perjalanan (travel) khususnya untuk perjalanan ke luar negeri juga mengalami kenaikan biaya. Karena rata-rata ageng travel mematok harga dengan harga Dollar langsung. Biaya yang mengalami kenaikan seperti tiket pesawat, hotel, dan lainnya.

4. Kebutuhan pokok lainnya

Image result for sembako

Mungkin akibat kenaikan Dollar AS ini menyebabkan harga kebutuhan pokok sehari-hari bisa mengalami kenaikan. Tetapi ini masih prediksi, karena dengan kenaikan kebutuhan bahan pokok bisa membantu keseimbangan antara Dollar dan Rupiah. Tetapi semua itu menjadi kebijakan pemerintah kita. Harapannya agar rupiah segera menyeimbangi Dollar tanpa harus menaikkan harga-harga kebutuhan  pokok seperti sembako. 

Itulah pengaruh dari kenaikan Dollar AS yang akan berpengaruh pada ekonomi RI. Mudah-mudahan hal ini segera teratasi dan Rupiah kembali stabil terhadap Dollar.

 

 

 





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

MORE
Wave red