Tanjung bira terletak di daerah Sulawesi Selatan. Lokasi khususnya adalah Kabupaten Bulukumba yang jaraknya sangat jauh, sekitar 200 km dari pusat ibukota Makassar. Sehingga tanjung bira bisa diaktakan terletak di ujung selatan daratan Sulawesi Selatan.


Tanjung bira memang bisa dikatakan senjata oleh masyarakat sekitar untuk menarik masyarakat luar dan wisatawan baik lokal maupun asing untuk datang ke sana. Tanjung bira tentu saja menawarkan hal seperti pantai putih, alam bawah laut dan juga pemandangan senja yang tidak ada duanya.

Pesona Tanjung Bira, destinasi traveling kece di Sulawesi Selatan


Selain itu juga anda yang mungkin menginginkan pemandangan langit yang tidak terhalang apapun dan terhampar luas, bisa juga menjadikan tanjung bira menjadi destinasi yang harus dimasukan kedalam daftar wisata anda. Pantai Tanjung bira juga menawarkan matahari terbit dan terbenam yang langsung dilihat dan tenggelam menuju ke lautan lepas. Karena laut di tanjung bira merupakan laut lepas. Keindahan ini tidak akan didapatkan di tempat lain, terutama di bagian lain di Indonesia.


Ciri khas yang utama lainnya tanjung bira memiliki pasir pantai yang sangat halus, bahkan sangat kecil sehingga terasa seperti tepung. Banyak laut dan pantai yang tentu saja tidak memiliki ciri khas seperti ini. Sedangkan tanjung bira tentu saja memilikinya. Selain itu laut di tanjung bira memiliki 3 lapisan warna yang terlihat indah di kejauhan. Pantainya pun bersih dan juga nyaman tidak seramai di Bali atau Lombok, sehingga bisa menjadi tempat yang benar-benar menenangkan.


Selain pantai tanjung bira anda bisa mengunjungi wisata lainnya seperti pulau kambing dan pulau liukang. Banyak yang menyukai kegiatan snorkeling dan juga diving dengan memilih daerah ini karena biota bawah lautnya yang sangat indah dibanding tempat lain.

Pesona Tanjung Bira, destinasi traveling kece di Sulawesi Selatan

Akses dan transportasi


Untuk menuju ke pantai atau tanjung bira anda bisa menempuhnya dengan memulai dari Bulukumba yang berjarak sekitar 40 km atau 200 km dari Makassar. Jika anda berasal dari sulawesi maka tentu saja anda akan memulai dari Makassar.Setelah itu anda bisa menggunakan transportasi umum travel dari Makassar ke Bulukumba dengan biaya 40.000 per orang. Karena letaknya yang lumayan jauh maka harganya pun setara. Jika anda sudah sampai di bulukumba, perjalanan anda bisa menggunakan mikrolet atau disebut pete-pete dan menuju ke tanjung bira. Biaya yang dikenakan hanya 15.000/orang saja.

Pesona Tanjung Bira, destinasi traveling kece di Sulawesi Selatan


Biaya dan fasilitas


Untuk biaya tambahan anda akan dikenakan biaya atau harga tiket ke pantai tanjung bira. Tidak mahal hanya 10.000 per orang dan untuk wisatawan asing harus membayar 20.000 per orang, dan anda sudah bisa menikmati keindahan pantai tanjung bira.

Selain itu fasilitas juga bisa anda dapatkan di tanjung bira. Seperti persiapan atau persewaan perlengkapan, menyelam, kamar mandi dan juga kamar menginap. Untuk tempat yang murah anda bisa menyewa homestay. Sedangkan untuk harga yang agak mahal anda bisa menggunakan villa atau bahkan bungalow yang langsung menghadap ke laut