Sebuah hubungan yang berhasil membutuhkan komitmen dari kedua belah pihak. Mitos-mitos yang selama ini kita dengar belum tentu benar dalam hubungan percintaan. Cewek harus begini, cowok harus begitu. Tidak ada rumus yang pasti supaya kamu dan pacarmu memiliki hubungan yang langgeng. Tapi beberapa tips berikut bisa menjadi pencerahan buat kamu dalam asmara kamu dengan pasanganmu.

1. Bersikap dewasa
Bersikaplah dewasa, bijaksana dan mampu mengontrol emosi. Jangan memaksa agar setiap keinginanmu harus dituruti oleh pasanganmu. Belajarlah untuk tidak mengatur hidupnya. Hormati dan hargai pasanganmu dengan tulus. Buat para cewek tidak perlu senantiasa selalu minta dijemput atau diantar atau ditemenin. Karena cewek yang mandiri itu lebih seksi.


2. Tidak mudah menyerah
Ketahuilan bahwa konflik akan selalu terjadi dalam hubungan. Konflik seharusnya diselesaikan bersama dengan pikiran bijaksana sehingga bikin kalian jadi pasangan yang lebih baik. So, jangan cepat menyerah dan mengatakan putus saat kalian sedang mengalami konflik dengan pasangan.


3. Ucapkan terima kasih
Jangan pelit berterima kasih pada pasanganmu. Tidak hanya di saat dia memberi bantuan, namun juga saat kamu bersyukur punya pasangan seperti dia. Ungkapkan rasa terima kasih lewat kata-kata dan pemberian hadiah. Sudahkan kamu berterima kasih kepada pasanganmu?


4. Berpikir positif
Lebih banyak mengingat hal positif daripada hal negatif dari pasangan. Hal tersebut akan membuat kalian lebih cepat menemukan solusi saat terjadi konflik, serta dapat mengendalikan diri agar tidak membesarkan masalah.


5. Tidak egois
Survei psikolog menyatakan jika hubungan cinta yang dijalani akan terasa semakin baik jika pasangan punya kesadaran diri yang tinggi untuk mengurangi sifat egois. Tidak merasa paling benar serta mau menang sendiri.


6. Menyelesaikan masalah
Ambil waktu untuk mendinginkan emosi. Jangan membahas lewat chat / text message, karena bisa terjadi kesalahpahaman tentang perkiraan intonasi nada pengucapan. Lebih baik selesaikan dengan bertemu langsung. Pertengkaran dalam setiap hubungan pasti ada. Yang penting adalah you gotta see the way you solve it and how many times you both did it.


7. Meminta maaf
Mau belajar untuk mengalah dan meredakan ego saat pasangan marah. Jujur berani mengakui kesalahan serta meminta maaf, jika memang melakukan kesalahan baik sengaja maupun tidak sengaja kepada pasangan.


8. Bersikap jujur
Selalu jujur dan terbuka dalam hal apapun. Utarakan apa yang ada di dalam hatimu dengan baik kepada pasangan. Tak perlu menyimpan perasaan / emosi di dalam hatimu dan menggunakan kode untuk menyampaikannya. Kalau sudah ada salah satu yang tidak mau atau tidak berani terbuka, waspadalah! Berarti kalian harus mulai melakukan sesuatu untuk menyehatkan hubungan kalian.


9. Tidak mudah cemburu
Sering memberinya kabar, walaupun kamu sibuk dan dia tidak menanyakan duluan. Bikin pasanganmu merasa jika kamu sangat mementingkannya. Jangan terlalu dekat dengan teman lawan jenis agar pasanganmu tidak marah dan cemburu.


10. Bukan karena status
Kamu menerima cinta pasangan kamu bukan karena kamu takut menjomblo, tapi memang karena pasangan kamu itu sesuai dengan kriteria kamu. Berhenti juga untuk jadi pasangan yang selalu menuntut dan memiliki ekspektasi terlalu tinggi pada pasanganmu.

Semoga kamu dan pasanganmu selalu langgeng, yang terpenting pastikan kalau kalian saling mencintai satu sama lain.