Kemajemukan etnis-etnis di ibu kota yang sudah terjalin semenjak masa silam telah memungkinkan percampuran dan asimilasi kultur. Keberadaan daerah pecinan atau Chinatown di Jakarta Barat yang juga masuk ke area Kota Tua Jakarta menyimpan sejarah yang terlihat pada bangunan-bangunan tua khas, kegiatan kehidupan serta tradisi Tiongkok.

Bertempat di Pasar Petak Sembilan, telusurilan sampai menemukan gang Gloria, yang di tiap kiosnya menjajakan berbagai masakan. Teruntuk kaum pencinta soto, terutama soto betawi, Soto Afung adalah salah satu pilihan yang wajib dicoba. Rumah makan ini buka tiap hari dari pukul 6 pagi sampai 4 sore.

Soto Betawi Afung, nikmatnya santapan di Pecinan Glodok

Nikmatnya soto betawi yang khas akan lebih syahdu dirasakan dari semangkuk soto di rumah makan ini. Di dunia persotoan, soto betawi sendiri memang sudah meletakkan perbedaan pada kuahnya yang tidak bening. Pemakaian santan dan rempah-rempah membuat rasa soto betawi kaya dan tidak ringan atau datar. Namun, soto betawi nyonya Afung pun juga punya keistimewaan sendiri yang terletak di kuahnya, di mana juga menggunakan rebusan sumsum tulang sapi. Resep istimewa ini menimbulkan rasa gurih namun tidak eneg dan justru segar.

Soto Betawi Afung, nikmatnya santapan di Pecinan Glodok

Selain kuahnya yang istimewa, isiannya pun berlimpah. Pilihan soto betawi yang tersedia di rumah makan Nyonya Afung cukup beragam. Kita bisa memilih isian daging sapi, ayam, dan jeroan sapi. Bisa bayangkan sendiri kuah gurihnya dan isian soto plus tomat dan kentang yang segar. Selain soto betawi, tersedia juga pilihan lain yakni soto mie yang gak kalah segar.

Soto Betawi Afung, nikmatnya santapan di Pecinan Glodok

Juga tidak perlu khawatir, makanan yang tersedia di sini halal. Selesai menikmati sajian di sini, kamu bisa keliling gang Gloria dan singgah di tempat makanan di sekitar atau sekadar jalan-jalan. Selamat mencoba!