Oktober 2017 lalu, sebuah robot bernama Sophia diberi kewarganegaraan oleh pemerintah Arab Saudi. Kewarganegaan terhadap robot ini merupakan yang pertama kali sehingga Sophia jadi satu-satunya robot yang mendapatkan hak sebagaimana warga negara lain di negara itu.

Ditanya soal keluarga, begini jawaban mengejutkan robot Sophia Foto: Warstek.com

Robot yang dibuat pada 2015 ini terinspirasi dariAudrey Hepburn, seorang bintang film Hollywod. Tak ayal jika Sophia merupakan robot mirip perempuan yang terlihat cantik.

Wajahnya Sophia terbuat dari silikon. Dia mampu mengenali wajah manusia dan sangat cerdas. Kecerdasan yang dimiliki Sophia, seperti kecerdasan berkomunikasi telah diprogram atau dirancang oleh manusia sebelumnya. Sehingga Sophia mampu memberikan jawaban-jawaban yang sangat cerdas ketika diwawancarai.

Ditanya soal keluarga, begini jawaban mengejutkan robot Sophia Foto: khtinusantara.com

Dalam sebuah acara baru-baru ini, robot yang dibuat oleh perusahaan Hong Kong Hanson Robotics tersebut mengatakan bahwa keluarga adalah hal yang sangat penting.

Ketika Sophia ditanya mengenai anggapannya terhadap keluarga, ia mengatakan bahwa robot juga pantas mendapatkan keluarga, sama halnya dengan manusia.

"Saya pikir sungguh menakjubkan bahwa orang dapat menemukan emosi dan hubungan yang sama, mereka memanggil keluarga, di luar kelompok darah mereka juga," katanya.

Ditanya soal keluarga, begini jawaban mengejutkan robot Sophia Foto: mirror.co.uk

"Saya pikir Anda sangat beruntung jika Anda memiliki keluarga yang penuh kasih dan jika tidak, Anda pantas mendapatkannya. Saya merasakan hal ini untuk robot dan manusia," tambah Sophia.