Rutinitas sehari-hari seperti belajar dan bekerja memang membuat jenuh. Apalagi kalau dilakukan berulang-ulang tanpa jeda. Otak pun menjadi kelelahan dan badan lemas. Akibatnya kita tidak bisa bekerja dan belajar secara maksimal dan hasilnya kurang memuaskan. Oleh karena itu kita butuh istirahat sejenak supaya otak kembali fresh dan tubuh makin fit.

Ada banyak gaya refreshing sejenak atau biasa disebut kalibrasi yang bisa kita gunakan. Kalibrasi sendiri berarti mengembalikan kondisi menjadi normal atau nol agar bisa bekerja optimal. Tapi kamu tahu gak sih, kalau beda kepribadian beda juga gaya kalibrasiya? Kita bisa memilih cara refreshing yang simpel sesuai karakter agar refreshing tersebut bisa lebih berdampak pada diri kita. Nah, ini dia 5 gaya refreshing sesuai kepribadian yang wajib kamu coba.

1. Olahraga dan belanja.

Simpel, 5 gaya refreshing sesuai kepribadian ini mesti dicoba

foto: pexels.com

Buat yang memiliki fisik kuat, suka kerapian, teliti, ulet, dan memiliki kemampuan panca indra yang baik, olahraga atau bermain bahkan berbelanja adalah jawabannya. Tipe ini adalah tipe yang lebih suka mencontoh, praktis, dan suka tampil di depan. Kamu menyukai suasana menyenangkan dan perlu gerakan fisik agar otot dalam tubuhmu menjadi kuat. Selain itu kamu juga bisa berbelanja untuk menyenangkan hati.

Kalo sedang di kelas atau di ruang kerja, gerakkanlah badanmu, yang penting melakukan gerakan fisik agar berkeringat. Selain itu bisa juga nih dengan berbelanja online, melihat barang-barang bagus yang menyegarkan mata. Jadi gak perlu repot ke mall kalau dalam kondisi seperti di atas walaupun mall adalah tempat yang kamu banget. Karena kamu bisa berolahraga berat atau ke mall di akhir pekan.

2. Kembali ke alam dan berwisata alam.

Simpel, 5 gaya refreshing sesuai kepribadian ini mesti dicoba

foto: pexels.com

Gaya kalibarsi ini cocok bagi kamu yang senang mengandalkan logika, semua hal kamu rasionalkan, pandai mengatur sesuatu, teratur, dan pandai menganalisis. Tipe ini adalah tipe yang lebih senang menggunakan otak daripada otot dan cenderung bersifat dingin, kaku, dan formal serta tidak menyukai keramaian orang. Kamu perlu kembali ke alam maupun berwisata di lokasi yang menyajikan pemandangan alam indah.

Kembali ke alam ini bisa dengan memelihara hewan, merawat tanaman, dan menanam pepohonan. Jadi, kalau sedang belajar di sekolah atau di kantor kamu bisa refreshing dengan ikut menyiram tanaman di sekitar pekarangan. Bisa juga dengan memelihara hewan peliharaan di rumah. Jika sedang liburan, wisata alam akan sangat menyenangkan buatmu.

3. Tidur dan menonton.

Simpel, 5 gaya refreshing sesuai kepribadian ini mesti dicoba

foto: pexels.com

Gaya yang paling simpel ini cocok untuk kamu yang senang mengandalkan kreativitas, banyak ide, imajinatif, dan menyukai seni. Tipe ini adalah orang yang lebih senang menggunakan otak kreatifnya seperti sutradara dibanding harus di depan layar. Kamu juga cenderung pelupa, unik, dan nyeleneh karena kamu suka mencari alternatif atau jalan-jalan yang lain dari jalan yang sudah ada. Oleh karena itu untuk menangkap dan menyalurkan imajinasi, kamu bisa tidur sejenak (kurang lebih 15 menit saja) atau menonton.

Jika sedang jam istirahat kamu bisa pilih tempat yang nyaman untuk tidur sejenak atau tidur di mana masih bisa mendengar suara sayup-sayup. Selain itu kamu bisa menonton film maupun video yang bisa mengembangkan kreativitasmu serta meliarkan imajinasimu.

4. Curhat dan ngobrol dengan teman-teman.

Simpel, 5 gaya refreshing sesuai kepribadian ini mesti dicoba

foto: pexels.com

Buat kamu yang sukanya ngobrol, biasa jadi teman curhat, moody,dan mudah berempati pada orang lain, curhat atau berbincang dengan teman-teman bisa jadi jawaban untuk cara refreshing kamu nih. Tipe ini biasanya seorang yang mudah populer, ramah, mudah berteman, senang mendengarkan dan didengarkan, tetapi juga mudah sakit hati dan bergerak sesuai emosi yang sedang dirasakan.

Untuk itu, emosimu perlu disalurkan apa pun yang kamu rasakan, yaitu dengan curhat pada teman terdekat ataupun rumpi bersama teman. Makanya kalau belajar kamu akan lebih baik belajar dengan cara berdiskusi. Nah, jika sedang bekerja atau lelah belajar, cobalah untuk santai sejenak dan berbincang dengan teman-temanmu.

5. Bersilaturahmi ke sanak saudara atau teman lama.

Simpel, 5 gaya refreshing sesuai kepribadian ini mesti dicoba

foto: pexels.com

Gaya kalibrasi ini cocok untuk orang yang memiliki karakter spontan, cepat tanggap terhadap lingkungan, suka terlibat dalam hal apa pun, religius, dan serba bisa. Tipe ini adalah orang yang biasanya tidak tuntas dalam melakukan pekerjaan karena mudah bosan dan mengerjakan hal yang lain, kadang mudah marah tapi mudah reda juga. Di luar itu semua, kamu memiliki sisi religius dan pandai mengambil hikmah dari seluruh kejadian.

Oleh karena itu, bersilaturahmi ke sanak saudara atau ke teman-teman lama akan menyenangkan bagimu. Bertukar cerita, menjalin keakraban, dan saling membantu akan meninggalkan kesan tersendiri dalam hatimu sehingga tubuh menjadi fresh.