×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Simpan banyak misteri, ini 7 kisah mistis Menara Saidah

0

Serem

Simpan banyak misteri, ini 7 kisah mistis Menara Saidah

Menara Saidah merupakan sebuah gedung yang terletak di Jalan M.T. Haryono, Jakarta Selatan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Viki Saputra

25 / 01 / 2022 15:23

Menara Saidah merupakan sebuah gedung yang terletak di Jalan M.T. Haryono Jakarta Selatan. Gedung bernuansa Romawi ini telah diketahui kosong sejak tahun 2007. Banyak yang mengatakan jika dilihat dari kejauhan Menara Saidah tampak seperti Menara Pisa di Italia. Sayangnya, menara ini tidak terlihat seperti tujuan wisata untuk dikunjungi. Sebaliknya, orang-orang di sekitar sana menolak untuk mengunjunginya, bahkan jika hanya melihat sekeliling sejenak pun tidak.

Isu Menara Saidah miring timbul karena posisi orang yang melihat berada pada ketinggian berbeda. Netizen berspekulasi bahwa fondasi bergeser ke dalam karena perhitungan lantai yang salah. Namun sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2018 oleh empat mahasiswa Geodesi ITB (The investigation on high-rise building tilting from the issue of land subsidence in Jakarta City) menemukan bahwa Menara Saidah tidak miring. Untuk mengetahui perbedaan letak bangunan, kondisi bangunan diperiksa dengan peralatan seperti total station. 

Selain isu Menara Saidah miring, gedung ini juga dikenal menyimpan banyak misteri. Menurut berbagai sumber, Menara Saidah dikenal sebagai gedung dengan berbagai kisah mistis yang menyelimutinya. Berikut ini beberapa cerita mistis yang sempat tersebar.

1. Sosok wanita berbaju merah.

Banyak yang mengklaim bahwa sosok wanita berbaju merah muncul di lantai tiga Menara Saidah. Konon dalam salah satu cerita mistis, wanita ini muncul dan meminta bantuan kepada para penjaga. Dia meminta seorang satpam untuk mengantarnya ke lantai 14 untuk menemui kakaknya, tetapi ketika sudah sampai, wanita itu menghilang begitu saja dari lift.

Loading...

2. Ojek online menerima pesanan dari lobi.

Banyak ojek yang mendapatkan orderan dari lobi Menara Saidah saat jam 11 malam. Ojek online (ojol) ini menerima pesanan penumpang atau pesanan paket di gedung ini. Padahal tidak ada yang tinggal di gedung ini dan tidak ada penyewa di sini.

3. Menara Saidah dibangun di atas kuburan.

Orang-orang di sekitar Menara Saidah percaya bahwa bangunan itu dibangun di atas kuburan yang tidak dipindahkan. Mereka yang sudah lama tinggal di sana tahu bahwa sebelum dibangun, tanah tersebut adalah tanah kosong dan kuburan.

4. Keranda mayat yang muncul dan menghilang.

Cerita misteri Menara Saidah lainnya adalah keranda mayat yang sering muncul di gedung ini dan kemudian tiba-tiba menghilang. Beberapa remaja yang ingin merasakan pengalaman mistis menemukan keranda mayat di gedung ini pada malam hari. Saat lift di lantai 3 terbuka, ditemukan keranda mayat dan bayangan sosok wanita.

5. Sosok penunggu lift.

Bangunan ini juga telah direnovasi beberapa kali tetapi terkenal karena lift-nya yang sangat lambat. Dikatakan bahwa alasan mengapa lift lambat karena terdapat sosok yang menjaga lift. Suatu hari, seorang karyawan harus kembali ke tempatnya bekerja karena ada barang yang tertinggal. Suasana saat itu gelap dan sepi, dia memutuskan untuk naik lift ke lantai bawah agar cepat sampai. Namun, lift tidak menutup dan lampu redup, jadi dia memutuskan untuk turun tangga. Yang membuatnya takut adalah ketika tiba di setiap lantai, lift juga sampai di lantai yang sama dengan kondisi terbuka.

6. Sosok di ruang basement.

Basement ini memiliki cerita sendiri tentang sosok penunggunya. Sosok ini sering memanggil, menangis, dan mencolek tubuh orang yang datang.

7. Lampu menyala sendiri.

Kisah mengerikan lainnya tentang Menara Saidah adalah tentang lampu yang menyala sendiri. Meski gedung ini sudah lama tidak berpenghuni, masih terlihat cahaya lampu dari beberapa lantai. Penjaga keamanan mengatakan tidak ada lampu yang menyala, tetapi pengendara sepeda motor yang melihat bangunan itu mengaku melihat lampu gedung ini menyala bergantian dari sisi Menara Saidah pada malam hari.

Demikian kisah mistis mengenai Menara Saidah yang menyimpan banyak misteri. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red