Seorang pria asal China bernama Bo Chunlou mendadak kaya setelah menemukan batu empedu babi. Pasalnya batu empedu babi yang dikenal dengan nama Bezoar tersebut mempunyai nilai harga yang tinggi.

Ia menemukan bezoar, dengan ukuruan lebar empat inchi, dan panjangnya 2,7 inchi pada Agustus lalu. Penemuan itu berawal saat ia tengah memotong seekor anak babi berusia delapan tahun di ladangnya di Ju County di Kota Rizhao di Provinsi Shandong, sebelah timur China.

Batu empedu babi ini langka, manfaat dan harganya mengejutkan

Di dalam tubuh babi dengan berat sekitar 200 kg itu terdapat batu empedu besar di dalam kandung empedunya. Tetangga Bo mengatakan bahwa ia telah menghasilkan nilai obat yang sangat besar.



Awalnya Bo meragukannya, dia dan anaknya Bo Mingxue. Namun, akhirnya mereka pergi ke kota pelabuhan utama Shanghai, untuk bertemu para pakar. Dari situ, Bo akhirnya tahu bahwa harga pasaran bezoar dengan ukuran sebesar itu bisa mencapai 450 ribu Poundsterling.

Bo, yang sekarang memiliki sertifikat penilaian untuk Pig Treasure, mengatakan akan menerima penawaran mulai dari Rp 2 miliar.

Menurut para ahli, batu tersebut harganya bisa mencapai hampir setengah juta Poundsterling atau setara Rp 9 miliar. Bentuknya terdiri dari rambut dan bahan tak tercerna lainnya yang biasanya ditemukan di sistem gastrointestinal hewan.

Orang-orang China menyebut benda tersebut Pig Treasure atau harta karun babi yang berkhasiat dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Oleh karena itu Bezoar menjadi zat langka dan berharga.

Praktisi pengobatan tradisional China menyebut Pig Treasur atau Harta Karun Babi, dan percaya bahwa produk yang terbuat dari bezoar dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh, menjadikannya zat langka dan berharga untuk dimiliki. Bezoar sendiri sudah digunakan sebagai 'obat ajaib' di Inggris pada tahun 1600-an. Mereka terus digunakan dalam pengobatan China saat ini.