Danau adalah bagian permukaan bumi berupa cekungan yang diisi oleh air. Air yang mengisi danau bisa berupa air tawar maupun air asin. Selain pantai dan laut, danau juga merupakan salah satu tempat destinasi wisata favorit. Nah, pernahkah kamu mengunjungi danau yang permukaan atasnya telah membeku?

Danau yang membeku akan menarik rasa penasaran banyak orang, terutama bagi para wisatawan. Beberapa danau yang membeku bahkan menyuguhkan pemandangan luar biasa.

Berikut ini 10 potret cantik danau dari seluruh dunia ketika membeku yang dilansir dari berbagai sumber.


1.Danau Baikal di Sibera.

Potret memukau 10 danau ketika membeku, ada yang mirip di film Frozen! foto: Boredpanda.com

Danau Baikal di Sibera, Rusia ini merupakan danau air tawar tertua sekaligus terdalam di dunia yang mempunyai air sangat jernih, bahkan airnya disebut-sebut sebagai yang paling bersih di Bumi. Danau yang mempunyai kedalaman lebih dari 5000 kaki ini menyuguhkan pemandangan luar biasa sehingga selalu bikin penasaran dan menjadi daya tarik wisatawan.

Musim dingin yang berlangsung di Rusia membuat permukaan air di Danau yang dijuluki sebagai Mata Biru Siberia ini pun membeku. Akibatnya, lapisan es tebal yang berada di permukaan bisa dipijak dan lingkungannya sangat mirip dengan pemandangan indah di film Frozen, tempat ketika Elza mengasingkan diri.

Tak hanya itu, lapisan es yang jernih membuat semuanya terkesan berkilau. Lalu, retakan alami yang terbentuk serta gelembung-gelembung berasal dari metana yang dilepaskan oleh alga menambah pesona dan menimbulkan rasa penasaran.

2.Paterswoldse Meer, the Netherlands.

Potret memukau 10 danau ketika membeku, ada yang mirip di film Frozen! foto:Eric Kieboom/pandotrip.com

Pada musim panas, danau adalah tempat yang bagus untuk bersantai dan berperahu. Namun saat musim dingin tiba, danau ini berubah menjadi tempat arena ice skating yang amat besar. Ketika membeku, danau yang lingkungannya sangat indah ini menjadi tempat rekreasi yang amat menarik dan digemari oleh wisatawan, bahkan menjadi arena skating terbaik ketika musim dingin. Wow!

3. Danau Superior di USA.

Potret memukau 10 danau ketika membeku, ada yang mirip di film Frozen! foto: BlazePress.com

Danau Superior di Amerika Utara merupakan danau air tawar terluas di dunia.Danau yang memiliki luas permukaan 82,000 km ini akan membeku ketikasuhu menurun sehingga memungkinkan untuk berjalan di permukaannya. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa mencapai gua-gua es menakjubkan di Pulau Apostle.

4.Danau Michigan, USA.

Potret memukau 10 danau ketika membeku, ada yang mirip di film Frozen! foto: wallpapersontheweb.net

Danau Michiganmerupakan salah satu danau besar di Amerika Utara.Danau Michigan mempunyai suhu yang sangat rendah selama musim dingin. Karena itu, airnya menjadi beku dan menciptakan beberapa pemandangan menakjubkan di tepi perkotaan. Cocok nih buat ice skating!

5. Danau Ontario, Kanada, USA.

Potret memukau 10 danau ketika membeku, ada yang mirip di film Frozen! foto: Nationalpost.com

Sama halnya dengan danau Michigan, danauOntario merupakan salah satu danau besar di Amerika Utara (danau besar yang ditemukan di perbatasan Kanada dan Amerika Serikat). Ketika musim panas, danau inimenyediakan berbagai kegiatan seperti berenang. Sementara itu di musim dingin, danau ini juga dijadikan sarana rekreasi yang amat menyenangkan!

6. Danau Prags (Braies), Italy.

Potret memukau 10 danau ketika membeku, ada yang mirip di film Frozen! foto:Meteoweb.com

Ketika musim panas, danau yang terletak didi Provinsi Alto Adige wilayah utaraItalia ini merupakan danau cantik yang airnya jernih biru kehijauan. Selain itu, keindahan alamnya tak usah diragukan lagi sebab ia berada di barisanpegununganDolomites yang menawan. Oleh karenanya, danau Prags menyediakan tempat peristirahatan yang romantis bagi para pengunjung di musim panas. Sementara di musim dingin, danau ini menyajikan pemandangan yang spektakuler.

7. DanauAbraham, Kanada

Potret memukau 10 danau ketika membeku, ada yang mirip di film Frozen!

Potret memukau 10 danau ketika membeku, ada yang mirip di film Frozen! foto:pandotrip.com

Musim dingin yang berlangsung di Kanada akan membekukan danau buatan 'Abraham'. Tak hanya itu, hal yang paling unik adalah adanya gelembung-gelembung berasal dari metana yang dilepaskan oleh bakteri yang membusuk. Gelembung tersebut menciptakan kesan dan pola yang tidak biasa sehingga pemandangannya terlihat sangat spektakuler kala musim dingin.

8.Druzhby, Antartika

Potret memukau 10 danau ketika membeku, ada yang mirip di film Frozen!

foto: Pinterest.com

Druzhby menjadi viral setelah Matthias Wietz menangkap bunga beku yang tersebar di permukaan air danau. Bunga beku ini membentuk formasi es yang unik, dan juga membentuk gelembung seperti di danau Abraham.

9. Namtso, Tibet, Cina

Potret memukau 10 danau ketika membeku, ada yang mirip di film Frozen!

foto: News.cn

Danau Namtso merupakan danau yang berada di pegunungan Himalaya. Danau yang merupakan danau tertinggi di dunia ini merupakan tempat yang sakral. Selama berabad-abad selama musim dingin, ketika danau ini membeku, para peziarah telah berjalan ke pulau-pulau di danau. Namun, beberapa waktu lalu pemerintah China telah melarang kegiatan ini.

10. Danau Chaqmaqtin, Afghanistan

Potret memukau 10 danau ketika membeku, ada yang mirip di film Frozen! foto:Matthieu Paley/ Pinterest.de

Danau ini merupakandanauterbesar kedua di Pamir,Afghanistan. Ketikadi musim dingin, danau ini membeku dan menjadi akses bagi orang yang bepergian serta hewan yang bermigrasi. Tempat ini sungguh memukau, jauh dari peradaban, masyarakat di sini melestarikan gaya hidup yang tradisonal.