Hi Bro n Sis,

Banyak orang yang merasa takut ketika harus tampil untuk berbicara baik itu di dalam kelompok/komunitas, sekolah, maupun masyarakat. Public Speaking seolah-olah menjadi sesuatu hal yang menakutkan dan patut di hindari. Padahal, banyak sekali manfaat bila kita mampu menguasainya. Ketakutan itu timbul karena tidak percaya diri, dan percaya diri itu hasil dari latihan dan respon yang tepat.

Berikut beberapa tips untuk mengurangi rasa takut tersebut.

1. Tenangkan diri

Jika anda diberikan giliran untuk tampil minggu depan atau beberapa hari lagi, sebaiknya setelah anda mengetahui hal tersebut anda menenangkan diri sejenak, dan katakan kepada diri sendiri bahwa ini adalah kesempatan bagi saya untuk berbagi, jangan jadikan itu sebagai beban tetapi sarana untuk berbagi ide atau sharing informasi. Sesaat sebelum tampil di hari H, Tutup mata anda sejenak dan katakan pada diri sendiri bahwa "saya pasti bisa melakukannya", dengan begitu otak kita akan merespon secara positif apa yang kita rasakan. Karena apa yang kita pikirkan itu akan di proses melalui tindakan. Setiap Coach Public Speaking selalu menyarankan untuk menggunakan pernafasan perut, karena dengan pernafasan perut pasokan oksigen akan lebih banyak dan kita bisa berpikir lebih jernih.

2. Melakukan pemanasan

Jika anda harus tampil seminggu atau 2 minggu lagi, sebaiknya anda perlu latihan dan mengulang materi anda terus menerus baik itu kepada teman, keluarga, ataupun rekan kerja anda. Dengan begitu anda akan merasa percaya diri karena otak anda akan merasa bahwa itu bukan kali pertamanya, tetapi merupakan sebuah pengulangan dan itu adalah hal yang sudah menjadi kebiasaan. Jadi, rasa takut itu pun akan berkurang seiring dengan latihan.

3. Revisi materi

Melalui tips kedua, setelah melakukan pemanasan yaitu melakukan pengulangan materi kepada teman ataupun keluarga anda, tanyakan kepada mereka apakah materi yang anda sampaikan bisa dimengerti? Adakah kesalahan penggunaan kata sehingga menyulitkan pendengar untuk menangkap materi yang anda bicarakan? Dengan begitu anda akan punya waktu untuk merevisi dan mempersiapkan yang terbaik untuk tampil di hari H. Hal ini juga merupakan salah satu faktor untuk membuat kita percaya diri dengan apa yang akan kita sampaikan nantinya.

Ingatlah bahwa kemampuan Public Speaking itu memiliki banyak manfaat. Di samping menyampaikan informasi tetapi juga membangun motivasi/dorongan bagi yang mendengarkannya. Tentu dengan komunikasi yang tepat akan menghasilkan sesuatu dampak yang positif. Mari gunakan setiap kesempatan berbicara untuk melatih kemampuan kita agar semakin lebih baik lagi.