Masih ingat nggak di zaman internet buat ponsel belum populer, kita kebanyakan berkomunikasi menggunakan cara telepon atau SMS. Setelah internet mulai bisa digunakan di ponsel, komunikasi berkembang dengan menggunakan Yahoo! Messanger dan MXiT yang bisanya hanya untuk berkirim pesan tulisan.

Selanjutnya, internet yang makin cepat memungkinkan untuk mengirim pesan selain tulisan yaitu gambar atau suara dengan menggunakan BBM, WhatsApp, dan sebagainya. Saat ini, bahkan melalui layanan pesan seperti itu, kita bisa melakukan telepon video dan mengirim video yang tentu saja membutuhkan koneksi internet yang lebih cepat.

Perkembangan teknologi chatting tersebut sebenarnya disebabkan oleh kecepatan koneksi internet yang terus bertambah. Dari yang awalnya hanya 1G ke 2G, dan seterusnya hingga saat ini menuju ke koneksi internet 5G. Huruf G tersebut adalah singkatan dari Generation atau Generasi dalam bahasa Indonesia. Setiap naik generasi, kecepatan koneksi internet naik sekitar 1000 kali lipat dari sebelumnya

Apa sih perbedaan dari tiap generasi koneksi internet tersebut? Yuk kita bahas ulasannya berikut ini.

1. Koneksi 1G.

Ini perkembangan koneksi internet dari masa ke masa

Generasi pertama atau lebih dikenal 1G adalah koneksi yang hanya bisa digunakan untuk melakukan aktivitas sebatas telepon saja. koneksi 1G dikenalkan pada tahun 1997 dengan Kecepatan koneksinya yang paling rendah di antara yang lainnya dan kita mengenalnya sebagai koneksi GPRS.

2. Koneksi 2G.

Ini perkembangan koneksi internet dari masa ke masa

Pada tahun 1998, koneksi 2G diperkenalkan sebagai koneksi yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan koneksi sebelumnya yaitu 1G. Kecepatannya mencapai 100 kbps dan sudah bisa digunakan untuk mengirim pesan teks dan gambar Koneksi generasi kedua dikenal sebagai koneksi EDGE.

3 Koneksi 3G.

Ini perkembangan koneksi internet dari masa ke masa

Koneksi 3G merupakan koneksi yang lebih cepat dibandingkan 2G dan diperkenalkan pada tahun 2001. Dengan koneksi ini, maka proses pengiriman gambar akan lebih mudah untuk membuka media sosial jadi lebih cepat dengan koneksi 3G.

4. koneksi 4G.

Ini perkembangan koneksi internet dari masa ke masa

Jika suka melakukan video call atau streaming video tentu saja kamu telah menggunakan koneksi 4G. Penggunaan media penyimpanan digital atau cloud juga mulai populer sejak ada koneksi 4G Koneksi generasi keempat ini mulai diperkenalkan tahun 2009.

5. Koneksi 5G.

Ini perkembangan koneksi internet dari masa ke masa

Yang saat ini masih dalam proses perkembangan adalah koneksi generasi kelima atau 5G. Bahkan, kecepatan transfer datanya mencapai 1 gigabyte per detik lho!Meski belum diperkenalkan saat ini, tapi sudah banyak yang nggak sabar buat mencicipi koneksi 5G ini. Sabar ya gaes.

Teknologi akan terus berkembang seiring berjalannya waktu dan semakin lama akan mirip dengan pisau bermata dua. Ya, semua ada sisi positif dan negatifnya, tergantung bagaimana menempatkan teknologi dalam kehidupan kita.