×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Perhatikan 5 hal ini sebelum memesan bus pariwisata di Bali

0

Jalan-Jalan

Perhatikan 5 hal ini sebelum memesan bus pariwisata di Bali

Gambar oleh Freedommail dari Pixabay

Selain melakukan pemesanan dari jauh-jauh hari, ada beberapa hal lain yang harus kamu lakukan sebelum menyewa bus pariwisata.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Taufik Romadhon

24 / 09 / 2019 13:33

Bali merupakan salah satu kota di Indonesia yang menjadi pusat industri pariwisata. Selain wisatawan domestik, Bali juga memiliki wisatawan mancanegara yang jumlahnya tidak sedikit. Dengan begitu, tidaklah mengherankan bila menyewa bus pariwisata di Bali gampang-gampang susah, terlebih saat musim liburan.

Bila tidak melakukan pemesanan dari jauh-jauh hari, potensi untuk tidak kebagian bus untuk disewa bisa saja terjadi. Selain melakukan pemesanan dari jauh-jauh hari, sebenarnya masih ada beberapa hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu sih. Apa sajakah itu? Yuk, perhatikan terlebih dahulu aspek-aspek berikut ini.

1. Fasilitas yang terdapat dalam bus.

Perhatikan 5 hal ini sebelum memesan bus pariwisata di Bali

Sumber Gambar: https://www.sandholiday.co.id/

Loading...

Agar perjalananmu terasa nyaman, jangan lupa untuk memastikan fasilitas apa saja yang ditawarkan. Fasilitas di dalam bus merupakan hal penting yang harus kamu tanyakan kepada admin atau costumer servis.

Sebelum benar-benar menyewa bus, ada baiknya meriset atau mencari pertimbangan fasilitas bus dari satu perusahan sewa ke yang lainnya. Dengan melakukan pertimbangan kamu bisa jadi menemukan harga sewa yang terjangkau atau sesuai budget.

Jenis kendaraan, kualitas, dan fasilitas biasanya sepadan dengan harga sewa yang ditawarkan. Fasilitas yang harus kamu perhatikan yaitu interior kendaraan, AC, desain bus, bagasi yang luas, dan kebersihan dari bus itu sendiri.

Dengan memperhatikan itu semua, perjalanan untuk mencari udara segar kamu akan lebih menyenangkan. Karena akan memakan waktu yang cukup lama diperjalanan, jadi memastikan tetap nyaman di bus menjadi solusi tepat sebelum wisata kamu dimulai.

2. Memilih tipe bus yang sesuai kebutuhan.

Perhatikan 5 hal ini sebelum memesan bus pariwisata di Bali

Sumber Gambar: https://www.sandholiday.co.id/

Memilih tipe bus juga harus kamu perhatikan agar jumlah penumpang sesuai dengan kapasitas. Jika kamu akan berlibur hanya sekeluarga atau bersama teman dengan jumlah penumpang 15 orang lebih baik memilih Isuzu Elf atau Toyota Hiace. Tenang, tempat sewa Hiace Murah di Bali tidak begitu masuk ke pelosok, kok!

Namun jika penumpang berkisaran antara 25 sampai 31 orang pilihlah bus tipe medium. Dan apabila penumpang antara 37-59 orang sebaiknya kamu memilih bus tipe big/besar.

Jangan terlalu memaksa tempat untuk jumlah penumpang yang banyak karena keselamatan kamu lebih penting dari menghemat budget. Sesuaikan kebutuhan dengan anggaran kamu agar perjalanan wisata ini dapat terlaksanakan dengan nyaman dan tidak ada halangan sampai selesai.

3. Jangan memesan bus dengan jarak waktu yang dekat.

Perhatikan 5 hal ini sebelum memesan bus pariwisata di Bali

Sumber Gambar: https://www.sandholiday.co.id/

Nah, ini juga cukup penting untuk kamu pertimbangkan. Jarak waktu saat pemesanan dengan hari-H harus terpaut jauh. Sebaiknya kamu memesan 3 sampai 4 minggu sebelum perjalanan dimulai.

Kehabisan armada menjadi salah satu kendalanya. Besar kemungkinan jadwal perjalananmu sama dengan rombongan lain. Bisa jadi kamu tidak kebagian bus dan jadwal perjalananmu tertunda.

Dengan memesan jauh-jauh hari, pihak perusahaan sewa bus juga dapat memastikan dengan teliti kondisi kendaraan. Pengecekan secara menyeluruh performa bus juga biasanya memakan waktu cukup lama. Karena ini demi memberi kenyamanan bagi calon penyewa.

Biasanya perusahaan sewa memberikan harga yang relatif normal saat kamu memesan jauh sebelum hari liburan tiba. Perusahaan sewa juga akan mempertimbangkan jumlah armada yang tersedia. Apabila jumlah peminat lebih banyak dari armada yang tersedia, maka harga sewa akan lebih mahal.

Inilah mengapa penting untuk memulai perjalanan sebelum hari libur datang. Saat sudah memesan kamu akan diberi Down Payment oleh pihak yang menyewakan. Di situ akan terdapat jumlah biaya sewa yang harus kamu bayar saat menjelang keberangkatan.

Pastikan keseluruhan biaya sewa yang tertera di Down Payment tersebut sesuai dengan kesepakatan awal. Jika terdapat kelebihan atau tidak sesuai, lebih baik kamu diskusikan lagi dengan pihak perusahaan sewa.

4. Layanan apa saja yang diberikan.

Perhatikan 5 hal ini sebelum memesan bus pariwisata di Bali

Sumber Gambar: https://www.sandholiday.co.id/

Pilih perusahaan sewa yang memberikan layanan dengan baik. Seperti menyediakan tour guide, banner, mekanik yang dapat sewaktu-waktu memperbaiki bus jika terdapat kendala, dan beberapa sopir.

Dengan disediakannya tour guide dapat membantu dan memandu kamu saat di tempat wisata jadi lebih terkendali. Disediakannya sopir pengganti juga harus kamu pertimbangkan karena dengan ini berarti akan terdapat pergantian.

Pergantian sopir secara berkala dapat menjamin kenyamanan perjalanan. Jadi pikirkan dengan baik-baik perusahaan sewa yang akan dipilih untuk menemani liburan kamu.

5. Harga sewa bus dan hal-hal lainnya.

Perhatikan 5 hal ini sebelum memesan bus pariwisata di Bali

Sumber Gambar: https://www.sandholiday.co.id/

Hal terakhir yang harus kamu pertimbangkan adalah harga sewa. Harga sewa bus yang ditawarkan setiap perusahan berbeda-beda. Ada yang terjangkau dan ada yang cukup mahal.

Harga yang diberikan juga tergantung berapa lama kamu akan menyewa, bisa dihitung dalam cakupan jam, hari, dan minggu. Jika semakin lama, maka biaya yang dikeluarkan juga akan lebih mahal.

Jenis atau tipe kendaraan yang kamu pilih juga akan mempengaruhi biaya sewa. Jadi pastikan dengan baik agar kapasitas bus pilihan kamu sesuai dengan jumlah penumpang.

Selain itu, perhatikan juga biaya operasional bus seperti, biaya tol, parkir, dan tiket masuk tempat wisata. Hal kecil ini wajib kamu perhatikan, agar perjalanan kamu tidak terkendala. 

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red