Mungkin kamu pernah mendengar istilah Uang bukanlah segalanya. Emang gak ada yang salah dengan ungkapan tersebut, tapi kalau kita asosiasiin dengan keadaan saat ini, rasanya gak tepat karena segalanya butuh uang.Mungkin istilah uang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang bisa lebih tepat.

Istilah ini sekaligus ngingetin kita untuk lebih bijak menggunakan uang dan menyisihkannya buat ditabung. Tentu tujuannya bukan cuma supaya bisa memenuhi segala kebutuhan, tapi juga buat persiapan masa depan. Sayangnya, nabung bukan hal yang mudah dilakuin buat sebagian orang. Tiap kali mau nyisihin uang, pasti ada aja godaannya. Mulai dari kebutuhan mendadak, sampe gaya hidup boros yang ga bisa dihentikan, ada aja alesannya buat nunda nabung.

Yang pasti, kebiasaan ini harus segera dihentikan. Kamu perlu tahu hal-hal apa aja yang jadi penyebab utama kenapa kamu susah nabung. Untuk itu, simak dulu 5 hal ini supaya kamu segera berbenah diri dan segera mulai untuk menabung!


Sikap konsumtif yang gabisa dihentikan


Pola hidup konsumtif emang susah terlepas dari kehidupan masyarakat urban masa kini. Misalnya Brand XXX ngeluarin sepatu model terbaru, kamu ga bisa tahan diri untuk beli. Ada smartphone keluaran terbaru, kamu pun gamau ketinggalan zaman. Padahal kamu baru aja ganti HP beberapa bulan lalu. Belum lagi kamu harus iyan ajakan temen untuk nongkrong tiap malam. Kalau hal ini terus-terusan dilakuin, bisa-bisa kamu gak punya tabungan sampai tua nanti.

Coba pertimbangin matang-matang ketika beli sesuatu. Apa kamu benar-benar butuh barang tersebut? Atau cuma keinginan semata? Bedain antara kebutuhan dan keinginan. Misalnya kamu adalah seorang fotografer travel dan selalu kerepotan bawa-bawa kamera profesional tiap kali hunting foto di alam bebas. Lalu Samsung ngeluarin Galaxy S9 yang kameranya udah setara DSLR. Kamu pun tertarik untuk beli HP tersebut karena bisa membuatmu lebih praktis dalam bekerja. Dalam situasi ini, sah-sah saja untuk beli HP baru.


Di situasi kayak gini, kamu bisa manfaatin fasilitas kredit HP tanpa DP dari Kredivo, dan simpan uang tunaimu buat ditabung. Jadi kamu ga perlu ngeluarin uang berjumlah besar dalam satu waktu sekaligus. Apalagi dengan limit kredit sampai Rp 20 juta yang dikasih Kredivo, kamu bisa kredit HP tanpa DP dengan tenor 3, 6 atau 12 bulan. Bunga yang dikenakan buat kredit HP tanpa DP Samsung Galaxy S9 ini juga cukup rendah, cuma 2,95% per bulannya.


Ga pernah bikin anggaran keuangan bulanan

Pasti masih banyak dari kamu yang menganggap kalau bikin anggaran keuangan bukan hal yang penting buat dilakuin. Padahal tanpa anggaran bulanan, kamu gak akan tahu perkiraan jumlah pemasukan dan pengeluaran tiap bulannya. Akhirnya, gaji bulananmu habis gitu aja, padahal masih ada kebutuhan yang harus dipenuhi. Kamu juga gak bisa ngelacak kemana saja uang tersebut dihabiskan.


Maka itu, coba buat rincian anggaran per bulan sedetail mungkin supaya anggaranmu lebih tertata. Tulis berapa pemasukanmu dari gaji bulanan, dan buat rincian semua pengeluaran dalam satu bulan. Misalnya pengeluaran buat makan, transportasi, beli barang kebutuhan sehari-hari, sampai pengeluaran hiburan. Dengan bikin anggaran dan nyatet semua pengeluaran, kamu jadi tahu berapa pendapatan yang bisa disisihkan untuk ditabung.


Buat kamu yang ga mau ribet mencatat pengeluaran satu per satu secara manual, kamu bisa pake aplikasi Kredivo ketika belanja online, karena semua transaksimu dicatat secara otomatis. Selain memudahkan kamu buat kredit HP tanpa DP kayak contoh di atas, Kredivo juga bikin kamu lebih mudah saat mengatur dan mengontrol pengeluaran belanja setiap bulan hanya lewat satu aplikasi.


Nunggu sisa uang buat ditabung


Demi memenuhi kebutuhan lain, nabung seringkali dinomorduain. Ketika gajian datang, kamu sama sekali gak alokasiin dana buat ditabung, dan baru nunggu sampe akhir bulan buat nyisihin sisa uang. Padahal, ini yang bikin kamu ga bisa menabung dengan maksimal, karena uang udah terlanjur kepake.

Paksain diri buat langsung motong gaji yang didapatkan sejumlah kebutuhan tabungan. Supaya lebih mudah, pake sistem auto debet di rekening tabunganmu. Di sistem ini, penghasilan yang diterima setiap bulan bakal dipotong otomatis berdasarkan jumlah yang udah ditentuin sebelumnya. Jadi ga ada lagi alasan buat gak nabung!


Ga punya tujuan hidup


Setiap hal yang kita lakuin, tentu harus ada tujuannya. Begitu juga dalam menabung. Nabung tanpa tujuan yang jelas cuma bikin kamu malas ngelakuinnya. Sebaiknya bikin daftar tujuanmu di masa depan. Misalnya kamu mau beli Samsung Galaxy S9 melalui kredit HP tanpa DP di Kredivo, maka tentuin berapa uang yang harus ditabung per bulannya buat bayar cicilan. Atau kamu mau nabung buat traveling ke luar negeri dalam waktu dekat, maka tentuin bujetnya dan nominal uang yang harus ditabung dari sekarang. Dengan punya tujuan, kamu pun bisa lebih semangat buat nabung!