Menurut filosofi Jawa, guru berarti "digugu lan ditiru" (diteladani dan diikuti). Menjadi seorang guru bukanlah hal mudah. Guru dituntut untuk sabar, ulet dansempurna di depan murid-muridnya. Pahlawan tanpa tanda jasa pun menjadi julukan bagi guru yang memang merupakan pemain inti dalam membentuk generasi bangsa.

Kewajiban negara ialah memberikan biaya operasional bagi guru berupa gaji sebagai sedikit bentuk penghargaan kepada sang guru. Namun, guru di beberapa negara ini mendapat gaji yang bisa dibilang sangat besar per bulannya.

Dilansir dari harian the Guardian Inggris yang melakukan survey pada tahun 2014 lalu, mereka menyatakan ada beberapa negara yang menggaji guru dengan jumlah yang sangat besar. Nah, berikut ini ulasannya dengan patokan kursRp.13.350/US$.

1. Swiss.

Ini 5 negara dengan gaji guru terbesar di dunia

Negara yang berada di kawasan Eropa Tengah ini menggaji seorang guru dengan jumlah yang sangat besar dan bisa dibilang paling besar untuk saat ini. Gaji seorang guru di Swiss bisa mencapai US$ 68.820 atau Rp. 918.747.000/tahunnya. Jika dihitung per bulan maka rata-rata gaji guru di Swiss adalah Rp. 76.562.250/bulannya. Angka yang sangat besar.

2. Belanda.

Ini 5 negara dengan gaji guru terbesar di dunia

Menjadi seorang guru di Belanda bisa dibilang sangat menjanjikan, bagaimana tidak, seorang guru di Belanda di gaji sebesar US$ 57.830 atau sekitar Rp. 772 juta/tahunnya. Jika dihitung per bulan maka mencapai Rp.64 jutaan.

3. Jerman.

Ini 5 negara dengan gaji guru terbesar di dunia

Jerman merupakan negara yang terletak di benua Eropa, tepatnya Eropa Barat. Tempat di mana Hitler dilahirkan ini merupakan negara yang ditakuti di masa lalu karena adanya Hitler dan Nazi di Jerman pada masa perang dunia II. Negara Jerman sempat pecah menjadi 2, yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur. Namun mereka bersatu kembali pada tahun 1990 yang ditandai dengan robohnya tembok Berlin yang menjadi pemisah antara Jerman Barat dan Jerman Timur.

Pada masa sekarang, Jerman adalah negara yang maju dalam bidang perekonomian ataupun perpolitikannya. Nah, dengan kemajuan-kemajuan tersebut, guru di negara ini pun bisa dibilang sejahtera yang ditandai dengan gaji yang mereka terima.

Gaji guru di negara ini mencapai US$ 53.730 atau Rp. 717.295.500/tahunnya atau Rp. sekitar Rp. 59.000.000/bulannya.

4. Belgia.

Ini 5 negara dengan gaji guru terbesar di dunia

Jika berbicara tentang Belgia pasti ingatan pertama kita tertuju pada cokelatnya yang melegenda. Salah satu produk cokelat dari Belgia yang mendunia ialah Magnum cokelat, siapa yang tidak kenal sama produk satu ini.

Tapi bukan cokelatnya yang kita bicarakan di sini, namun gaji guru yang ada di negara ini. Seorang guru di Belgia mendapat gaji sebesar US$ 51.470 atau Rp. 687.124.500/tahunnya, jika dihitung per bulan, gaji guru di negara ini ialah sekitar Rp. 57.000.000 juta lebih.

5. Korea Selatan.

Ini 5 negara dengan gaji guru terbesar di dunia

Gaji guru terbesar di seluruh daratan Asia ada di Korea Selatan. Guru di Korea Selatan digaji sebesar US$ 47.340 atau Rp. 631.989.000/tahunnya atau sekitar Rp. 52.000.000 lebih per bulannya.

Nah, untuk di Indonesia sendiri menempati posisi 30 besar dengan rata-rata pendapatan guru di Indonesia mencapai Rp. 37.780.500/tahunnya atau sekitar tiga jutaan per bulannya. Gimana, ada berniat mengajar di sana?