×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mengetahui perbedaan dua kepribadian manusia, si Tipe A dan Tipe B

0

Kepribadian

Mengetahui perbedaan dua kepribadian manusia, si Tipe A dan Tipe B

Gambar oleh Public Co dari Pixabay

Pada kelompok tertentu dari ciri-ciri kepribadian tampaknya memiliki hubungan dengan penyakit fisik tertentu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Mega Mendung

09 / 05 / 2019 16:30

 

Kali ini saya akan membahas sedikit mengenai struktur pembagian karakteristik manusia yang tak lazim dibahas di artikel lain. Biasanya, kita tahu kalau karakter manusia itu dapat dibagi ke dalam karakteristik zodiak, shio atau mbti, dan lain sebagainya.

Namun, kali ini saya ingin mengulas sedikit topik yang hampir mirip dengan pembagian dan teori yang berbeda dari contoh yang sudah saya sebutkan di atas. Menurut laman situs yang menjadi rujukan saya dalam mengelola topik yang satu ini, www.verywellmind.com, kita semua dapat membedakan kepribadian manusia ke dalam 2 tipe saja. 

Mungkin kalian pernah denger soal karakteristik kepribadian Tipe A (Pekerja keras, ambisius, perfeksionis), pun sebagian dari kalian mungkin tidak terbiasa mendengarnya, terutama kepribadian Tipe B. Orang dengan kepribadian Tipe B sering digambarkan sebagai orang yang santai dan sangat fleksibel. Kepribadian tipe B pada dasarnya kebalikan dari tipe A. Di mana tipe A sangat teliti; tipe B cenderung mengambil pendekatan yang jauh lebih santai dan riang.

Tipe A vs Tipe B.

Loading...

Ada banyak teori kepribadian yang berbeda. Beberapa yang paling populer berupaya mengategorikan kepribadian ke dalam sejumlah tipe yang luas berdasarkan karakteristiknya. The Big 5 theory dan Myers-Briggs Type adalah dua contoh yang paling terkenal.

Tipe A dan Tipe B pertama kali diperkenalkan pada 1950-an oleh ahli jantung, Rosenman dan Friedman yang tertarik pada bagaimana kepribadian seseorang dapat berfungsi sebagai prediktor penyakit jantung di kemudian hari. Ketika para peneliti terus mengeksplorasi hubungan ini, mereka mencatat bahwa kelompok tertentu dari ciri-ciri kepribadian tampaknya memiliki hubungan dengan penyakit fisik tertentu.

Orang dengan tipe kepribadian A mempunyai agresi dan daya saing yang cukup tinggi, dan manusia tipe ini memiliki risiko lebih besar terkena tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan komplikasi jantung. Orang dengan kepribadian tipe B, di lain sisi, memiliki masalah jantung yang lebih rendah. Rosenman dan Friedman menyimpulkan bahwa sifat tipe A dapat berperan dalam pengembangan masalah jantung.

 

Apa arti kepribadian Tipe B?

Jadi apa sebenarnya yang membedakan tipe kepribadian ini? Kepribadian tipe B tidak memiliki perilaku yang biasanya terlihat pada tipe A. Penting untuk diingat bahwa kedua tipe ini bertindak sebagai sebuah kontinum, dan orang-orang memiliki kecenderungan untuk masuk ke dalam ciri-ciri kepribadian itu. Kepribadian tipe B ditandai oleh serangkaian sifat yang meliputi:

1. Fleksibilitas

2. Tingkat stres rendah

3. Sikap santai

4. Adaptasi terhadap perubahan

5. Jarang marah

6. Kecenderungan untuk menunda-nunda

7. Kesabaran

8. Kreativitas

Penting untuk diingat bahwa setiap orang cenderung mengalami sifat-sifat di atas sedikit banyak dari waktu ke waktu. Orang dengan kepribadian tipe B menunjukkan sifat-sifat ini lebih sering. "Anda juga harus tahu bahwa mengidentifikasi tipe kepribadian Anda bukan upaya diagnosis kesehatan mental. Namun, beberapa pola sifat dan perilaku telah dikaitkan dengan kesehatan fisik."

Dengan mengetahui tipe kepribadian dapat membantu lebih memahami kecenderungan kalian, termasuk kekuatan dan kelemahan potensial kalian.

 

Cara mengetahui jika kalian adalah manusia kepribadian Tipe B.

Kepribadian tipe B sering dinilai sebagai kebalikan dari sifat tipe A. Orang yang memiliki karakteristik dan perilaku rendah yang tipikal dari kepribadian tipe A sering kemudian dianggap tipe B.

Salah satu ukuran perilaku tipe A yang paling banyak digunakan adalah Jenkins Activity Survey (JAS). Penilaian membutuhkan pewawancara untuk menilai tanggapan verbal, nonverbal, dan emosional responden tes. Pertanyaan-pertanyaan tentang penilaian fokus pada tiga bidang utama di mana kesenjangan antara perilaku tipe A dan tipe B dapat diamati dengan jelas, yaitu keterlibatan pekerjaan, daya saing, dan ketidaksabaran. Tipe B cenderung mendapat skor lebih rendah pada ketiga area ini daripada tipe A.

 

Pertanyaan untuk dipertimbangkan.

Jika kamu bertanya-tanya apakah kamu memiliki kepribadian tipe B, mungkin ada baiknya kamu bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut:

1. Apakah kalian menemukan suka cita dalam perjalanan dan menikmati meluangkan waktu untuk menyelesaikan tugas?

2. Apakah kalian cenderung menjadi orang yang santai?

3. Saat bermain game, apakah kalian fokus hanya bersenang-senang?

4. Apakah kalian sering menunggu hingga menit terakhir untuk melakukan sesuatu?

5. Saat makan, apakah kalian makan perlahan dan menikmati setiap gigitan?

6. Apakah kalian biasanya mengerjakan tugas satu per satu?

7. Apakah kalian bisa bersantai ketika jauh dari pekerjaan?

8. Apakah kalian pandai mempertahankan tingkat stres rendah?

9. Apakah kalian lebih fokus pada menikmati suatu kegiatan atau menyelesaikan tugas?

Dari semua pertanyaan diatas dapat disimpulkan kalau, salah satu kecenderungan manusia dengan kepribadian Tipe B akan cenderung menjawabnya dengan jawaban yang serupa dan condong pada nilai-nilai penuh kebebasan.

Karena, saya pun termasuk ke dalam manusia Tipe B yang penuh dengan segala instrumen keluwesan mereka untuk menghadapi masalah. Bagaimana menurut kalian? Kalian termasuk manusia tipe yang mana?

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red