Tanpa disadari setiap saat Bumi berotasi atau berputar pada porosnya, hal tersebut yang menyebabkan pergantian siang dan malam, pasang surut air laut serta perbedaan waktu siang dan malam. Maka dari itu, Bumi akan mengalami hal yang sangat mengerikan jika seandainya benar-benar berhenti berputar atau berotasi.

Dikutip dari Bright Side, berikut ini 5 hal mengerikan jika bumi berhenti berputar.

1. Semua benda di permukaan bumi akan beterbangan.

5 Hal ini akan terjadi jika Bumi berhenti berputar, mengerikan!

Meskipun kita tak merasakan secara langsung rotasi bumi, namun akan terjadi peristiwa yang sangat menyeramkan jika bumi berhenti berputar. Menurut Sten Odenwald dari NASA, segala sesuatu di permukaan bumi akan beterbangan ke timur dengan kecepatan tinggi sebelum akhirnya jatuh kembali ke bawah. Di khatulistiwa, kecepatan benda akan mencapai 1.000 mph, sementara di kutub akan mencapai 800 mph.

2. Terjadi tsunami yang dasyat.

5 Hal ini akan terjadi jika Bumi berhenti berputar, mengerikan!

Kekuatan momentum yang disebabkan akibat bumi berhenti berputar akan menyebabkan air yang ada di laut dan samudra bergerak dan kemudian membentuk gelombang tsunami yang sangat kuat. Lalu gelombang tsunami tersebut akan bergerak ke timur untuk menghanyutkan semua yang ada di permukaan bumi.

3. Semua air di Bumi akan terkumpul di 2 samudra.

5 Hal ini akan terjadi jika Bumi berhenti berputar, mengerikan!

Semua air di permukaan bumi akan berkumpul di khatulistiwa akibat gaya sentrifugal. Hal ini akan membuat daratan dan air meredistribusi diri mereka untuk membentuk 2 lautan besar di kedua kutub. Kemudian tanah di khatulistiwa akan naik sehingga membentuk benua baru yang meliputi seluruh planet.

4. Terjadi letusan gunung berapi, angin topan dan gempa bumi.

5 Hal ini akan terjadi jika Bumi berhenti berputar, mengerikan!

Kekuatan energi kinetik Bumi yang begitu besar akibat berhentinya rotasi, secara otomatis akan mengguncangkan Bumi pada intinya. Hasilnya akan membuat Bumi mengalami berbagai bencana, mulai dari badai dahsyat, letusan gunung berapi hingga gempa bumi yang akan dialami di seluruh belahan dunia.

5. Bulan akan jatuh ke Bumi.

5 Hal ini akan terjadi jika Bumi berhenti berputar, mengerikan!
Image: news.zing.vn

Menurut Prof. Vaughan Pratt dari Stanford University, jika Bumi berhenti berotasi dalam waktu yang lama maka akan menyebabkan Bulan jatuh ke Bumi. Hal tersebut disebabkan akibat jarak antara Bulan dan Bumi yang semakin mendekat akibat berhentinya rotasi bumi. Kemudian pada jangka waktu tertentu akan menyebabkan Bulan jatuh ke Bumi.

Itulah 5 hal mengerikan yang akan terjadi jika seandainya bumi berhenti berotasi. Hal tersebut secara tidak langsung akan menimbulkan kekacauan yang akhirnya memusnahkan kehidupan seluruh mahluk di Bumi.