×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Menapaki Gunung Ijen, keindahan alam di timur Pulau Jawa

0

Jalan-Jalan

Menapaki Gunung Ijen, keindahan alam di timur Pulau Jawa

Di Gunung Ijen kamu bisa menemukan Blue Fire yang terdapat di puncak kawahnya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Abednego Arim Yuwono

23 / 04 / 2019 16:35

Blue fire adalah fenomena alam yang sangat indah dan menakjubkan. Dan hanya bisa ditemukan pada 2 tempat di muka bumi ini. Salah satunya berada di Indonesia, yakni di kawah Gunung Ijen, Banyuwangi.

Tempat persinggahan di jalur pendakian menuju puncak Ijen semakin ramai pada malam hari. Para pemburu keindahan terlihat sedang sibuk mempersiapkan diri guna melakukan pendakian yang lumayan menguras tenaga. Bagaimana tidak, jalur yang akan ditempuh adalah sejauh 3 km dan menanjak curam diiringi dengan bebatuan yang terjal dan tertutup pasir serta jalanan turun 700m yang pastinya tidak mudah juga untuk dilewati.

Pendaki tampak sedang menikmati keindahan blue fire. (foto oleh : jejakpiknik.com)

Pesona menakjubkan dari dataran tinggi Banyuwangi, Ijen.

 

Loading...

Beberapa terlihat sedang melakukan pemanasan, peregangan otot dan joging di sekitaran posko dan sebagian ada yang sedang asyik dengan secangkir kopi hitam yang disruput sembari mengisap sebatang rokok guna menambah kehangatan dalam pekat dan dinginnya malam.

"Pritttt pritttt.." Terdengar salah satu aba-aba dari pemandu yang menandakan perjalanan mendaki segera dimulai. Ada yang sudah tidak sabar karena begitu antusiasnya dan ada juga yang terlihat tidak siap karena takut dengan segala risiko yang bisa saja terjadi.

Perjalanan telah dimulai, terdengar beberapa tim menyanyikan lagu Indonesia Raya dan tak jarang juga beberapa ada yang bersenda gurau dengan rekan-rekannya. Bisa jadi semua itu dilakukan guna menutupi rasa kekaguman yang bercampur dengan sedikit ketakutan. Lamanya perjalan mendaki yang ditempuh bisa antara 2-3 jam. Dan tibalah di puncaknya di mana perlahan ketakjuban terus bertambah setelah melihat sekitar. Tapi tunggu dulu, perjalanan ini belum usai karena masih ada 700m jalanan menurun yang harus ditempuh.

Jalanan menurun ini dibuat oleh para penambang belerang di kawasan puncak Ijen. Jalur tersebut terbuat dari bebatuan yang disusun acak seperti anak tangga. Permukaannya tidaklah sama seperti anak tangga pada umumnya. Ada yang mudah dilewati dan ada yang sulit untuk dilewati. Bahkan beberapa terlihat ragu untuk menginjakkan kaki di permukaan anak tangga tersebut. Jika salah bisa saja terpeleset dan jatuh. Perlu diketahui bahwa jalanan ini sangatlah kecil, biasanya untuk lewat di jalan ini pengunjung harus bergantian, apalagi ada beberapa penambang belerang yang berlalu lalang dengan memikul puluhan kilogram belerang di pundaknya.

Setelah tiba di dasar, tepat di tepian kawah terdapat panorama yang begitu indahnya yang menggambarkan begitu takjubnya seorang manusia kepada Tuhannya. "Blue Fire", sebuah api biru yang muncul ke permukaan menyajikan pemandangan yang begitu menggetarkan hati. Beberapa orang terlihat mengabadikan momen tersebut dengan kameranya.

Blue fire adalah sebuah reaksi oksidasi dari gas belerang yang bertemu dengan suhu panas bumi. Reaksi pembakaran belerang inilah yang menghasilkan panas dan cahaya berwarna biru. Waktu yang tepat untuk melihat blue fire adalah pada pukul 02.00-04.00 dan di bulan setelah Desember karena setelah bulan Desember aktivitas kabut akan berkurang.

Jika ingin melihat blue fire dan sunrise, kalian bisa berangkat dari Kota Banyuwangi pada pukul 17.00 sore hari. Dan buat kalian yang ingin melihat sunset, kalian bisa berangkat pada pukul 07.00 pagi hari. Meski sunrise dan sunset  sangat indah, namun pemandangan siang dan sore hari juga tak kalah menarik dan juga sangat memesona lho.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red