Ada banyak cara pembayaran di dunia, mulai dari cara tradisional hingga modern. Seiring berjalannya waktu,pembayaran tradisional akan semakin ditinggalkan lalu berganti ke cara modern karena menyediakan kemudahan dalam bertransaksi.

Sebuah restoran cepat saji di Hangzhou, China baru-baru ini menyediakan cara pembayaran yang tak biasa, yakni cukup dengan 'tersenyum' setelah memesan. Restoran yang menyediakan cara pembayaran unik tersebut ialah KFC yang terletak di kota Hangzhou, China timur. Restoran asal Amerika Serikat yang terkenal akan ayam gorengnya itu bekerja sama denganAlibaba's Ant Financialdalam membangun teknologi pengenalan wajah.

Cara bayar pakai 'senyuman' ini buktikan kalau teknologi makin canggih

foto:cnbc.com

Begini penjelasannya. Teknologi pengenalan wajah(face recognition system) ini merupakan alasan kenapa pelanggan bisa membayar dengan senyuman (Smile to Pay). Wajah pelanggan akan ditangkap oleh kamera 3-D lalu dipindai untuk mengetahui identitas pelanggan. Namun, pelanggan sebelumnya harus telah terdaftar dalam sebuah aplikasi pembayaran mobile dan online yang didirikan di Hangzhou oleh pendiri Alibaba, Jack Ma. Jika cocok dengan gambar pada ID foto yang tersimpan dalam sistem, pelanggan memasukkan nomor telepon mereka hingga pembayarannya berhasil.

Apakah cara pembayan itu aman?

Perusahaan yang mengembangkan teknologi ini sangat yakin bahwa teknologinya aman. Perangkat lunak ini menganalisa lebih dari 600 fitur wajah untuk membuat kecocokan, dan menggunakan kamera 3D serta algoritma "liveness" untuk memastikan orang tidak mencoba mengelabui dengan foto atau video orang lain.

Cara bayar pakai 'senyuman' ini buktikan kalau teknologi makin canggih

foto: money.cnn.com

Restoran cepat saji ini merupakan toko pertama di dunia yang menggunakanperangkat lunak pengenal wajah untuk melakukan pembayaran, guys. Dengan teknologi canggih seperti ini, rasanya gak masalah kan kalau makan keluar rumah tidak membawa dompet ya?