×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Meluruhkan asam urat dengan sirsak & daun salam, ini cara membuatnya

0

Kesehatan

Meluruhkan asam urat dengan sirsak & daun salam, ini cara membuatnya

Asam urat adalah salah satu penyakit yang disebabkan karena penumpukan purin sehingga menyebabkan sering kesemutan pada pagi dan malam hari.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Muhamad Jalil

26 / 02 / 2020 10:08

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang membuat penderitanya kesakitan dan tidak nyaman. Pasalnya asam urat mengakibatkan kesemutan dan linu sendi pada kaki. Penyakit ini disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah akibat gangguan metabolisme dari makanan yang mengandung protein purin. Jika kadar purin tinggi atau berlebihan, ginjal tidak akan sanggup mengaturnya sehingga kelebihan itu akan menumpuk pada jaringan dan sendi.

Kadar normal asam urat pada wanita 2, 4-6, sedangkan pada pria sekitar 3-7. Oleh karenanya perlu melakukan pemeriksaan rutin di klinik atau puskemas terdekat agar diketahui secara pasti kadar asam urat dalam tubuh.

Hingga kini penyebab asam urat belum diketahui secara pasti. Namun ahli kedokteran menduga asam urat disebabkan karena faktor keturunan atau faktor hormonal. Jadi kalau anggota keluarga ada yang terkena asam urat, khususnya bapak dan ibu, dapat dimungkinkan akan diturunkan kepada anak-anaknya. Selain itu asam urat dihubungkan dengan asupan makanan. Itulah sebabnya pengaturan pola makan sangat diperlukan agar terhindar asam urat.

Asam urat dapat dikenali dengan mudah dari tanda-tanda dan gejala asam urat. Biasanya orang yang mengidap asam urat akan menunjukkan gejala sebagai berikut:

1. Kesemutan dan linu.

Loading...

2. Nyeri, terutama pada malam hari atau pagi hari saat bangun tidur.

3. Sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas, dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi hari.

Asam urat dapat dicegah dengan mengontrol makanan yang mengandung banyak purin. Hindari makanan seperti jeroan dan kacang-kacangan. Dan jangan lupa minum air putih sesuai kebutuhan berat badan. Alternatif lain misalnya memanfaatkan obat tradisional yaitu sirsak dan daun salam.

Sirsak.

Meluruhkan asam urat dengan sirsak & daun salam, ini cara membuatnya

Foto: Tanaman Sirsak (Dok. Pribadi)

Sirsak masih satu marga dengan srikaya (Noverina, 2012).  Merupakan tumbuhan atau potion (Raina, 2011). Daunnya berbentuk bulat telur. Buahnya dipenuhi dengan duri sehingga ada yang mengatakan sirsak sebagai buah monster. Walaupun jelek bagian luarnya, namun bagian dalamnya baik karena mengandung sejuta manfaat.

Buah sirsak kaya mineral dan vitamin larut air yang berkhasiat untuk mengobati asam urat. Sifat antioksidan sirsak dapat mengurangi terbentuknya asam urat melalui penghambatan produk enzim xantin oksidase. Antioksidan ini bersumber pada kandungan vitamin C pada sirsak (Noverina dalam Jalil, 2019). Selain itu juga mengandung isoquinoline yang berfungsi sebagai analgesik (pereda rasa sakit). Cara menggunakan yaitu dengan dimakan begitu saja atau dibuat minuman jus. Kamu pun dapat memakan atau meminumnya setiap hari.

Daun salam.

Meluruhkan asam urat dengan sirsak & daun salam, ini cara membuatnya

Foto: Daun Salam 

Daun salam merupakan pohon yang berasal dari familia Myrtaceae (Anonim, 2009). Daun salam terkenal sebagai bumbu dan memiliki sifat penyedap dan pengharum makanan. Selain itu daun salam dapat dimanfaatkan sebagai obat diare yang ampuh.

Daun salam mengandung minyak atsiri, sitral, eugenol, kalsium, zat besi, dan kalium (Widodo & Fitriana, 2015). Kamu pun dapat mengonsumsinya dengan cara merebus 7 lembar daun salam dengan dua gelas air sampai tinggal 1 gelas. Lalu minum pada pagi dan sore hari.

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red