×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Masjid Keramat Megu Gede, masjid titipan dari Mbah Buyut Megu

0

Jalan-Jalan

Masjid Keramat Megu Gede, masjid titipan dari Mbah Buyut Megu

Kamu pasti sudah tidak asing dengan bangunan bernama masjid. Namun, apakah kamu tahu masjid yang bernama Masjid Keramat Megu Gede?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Hana Nur Rofiah

03 / 12 / 2019 12:15

Beralamat di Jalan Raya Sumber-Plered, Desa Megu Gede, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, terdapat sebuah gapura untuk masuk gang menuju Masjid Keramat Megu Gede. Dibangun sekitar tahun 900 M dengan luas kurang lebih 136,9071 Ha, Masjid Keramat Megu Gede menjadi salah satu bukti Islam berkembang di tanah Cirebon.

Masjid ini pernah direnovasi pada tahun 1982, namun masih terdapat ciri khas yang melekat seperti pintu masuk masjid yang masih pendek melambangkan ketika masuk masjid hendaklah menjaga tata krama dan sopan santun.

Masjid dibangun di tanah milik Mbah Buyut Megu, yang mana Mbah Buyut Megu mencetuskan, menitipkan, dan menyedekahkan masjid ini untuk orang Islam. Selain bangunan masjid itu sendiri, di dalam masjid terdapat juga sumur keramat dan makam Mbah Buyut Megu.

masjid istimewa

Menurut Pak Misqo (kuncen masjid keturunan ke-41), dinamakan keramat karena asal usulnya yang membuat bangunan bukan orang zaman sekarang, melainkan para sesepuh/syekh/ahli ilmu yang menggerakkan perintah Rasulullah. Ada dua definisi yang dijabarkan Pak Misqo. Pertama tentang ‘keramat’ sendiri untuk penyebutan benda-benda mati. Sedangkan yang kedua tentang ‘karomah’ yang memiliki arti barakat atau berkah.

Loading...

masjid istimewa

Selain sebagai tempat salat, mengaji, dan zikir, masjid ini juga menjadi situs ziarah bagi masyarakat yang hendak mengirim doa kepada Mbah Buyut Megu serta meminta air di sumur keramat untuk menyembuhkan penyakit. Persoalan sembuh atau tidaknya itu kuasa Allah, tetapi tidak jarang ada yang sembuh juga.

Kuncen masjid ini bukanlah orang sembarangan, melainkan dari keturunan Mbah Buyut Megu. Menurut Pak Misqo, kuncen keturunan ke-38 dan atasnya, beliau tidak tahu karena belum ada buku sejarahnya. Tidak pernah ada kejadian mitos di masjid ini, melainkan hanya salah terap, masjid ini dititipkan bukan untuk diakui. Pak Misqo menuturkan, yang paling utama memasuki masjid adalah adabnya. Percuma kalau orang pintar tetapi adab dan tata kramanya tidak benar.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red