Kalian pasti tau kol kan? Yup jenis sayur ini biasa kita temui olahannya pada sayur soup, salad, atau bahkan kerap kita temui pada olahan goreangan seperti bakwan/bala-bala dan juga sebagai isian tahu goreng. Atau buat kalian sering makan ayam penyet atau ayam bakar, biasanya kol disajikan bersama ketimun dan daun kemangi sebagai lalapan.

Kol goreng emang enak, tapi apa benar kalau nggak baik buat kesehatan?

Jenis sayuran kol itu sendiri ada dua macam yaitu kol putih dan kol ungu, yang sering sekali kita jumpai itu adalah olahan kol putih biasanya. Dan bagi pencinta salad sayuran mungkin sering melihat ada campuran kol ungu di dalam olahan salad tersebut. Tapi kalian tau ga sih kalau sudah banyak olahan terbaru dari kol yang sudah mulai banyak sekali digemari oleh banyak kalangan??? Pernah denger kol goreng?

Kol goreng emang enak, tapi apa benar kalau nggak baik buat kesehatan?

Pasti pencinta makanan pecel ayam atau pecel lele tau banget nih tentang kol goreng ini. Nah kol goreng ini adalah salah satu olahan terbaru yang lagi ngehits. Sayuran digoreng? Anehnggak dengernya? Mungkin ada yang bilang aneh ada yang bilang nggak, sebab sebelum kol goreng sudah pernah ada olahan sayuran yang di goreng seperti bayam goreng. Nah hanya saja disini bentuk olahannya yang berbeda. Bagaimana soal rasanya? Kalo ga enak kayanya ga mungkin ngehits dikalangan pencinta kuliner yaaa hihi. Terus aman ga sih untuk kesehatan? Itukan sayuran terus digoreng pula. Nah ini dia yang mau kita bahas, mengkonsumsi kol goreng ini amannggak sih bagi kesehatan?

Sebelum kita bahas bahayanya, kita liat dulu yukk manfaat utama daripada kandungan dari sayuran kol ini. Manfaat kol sebagai sayuran sehat sudah tidak perlu diragukan, sayuran yang penuh dengan serat ini sangatpenting untuk kesehatan. Kol atau yang disebut juga dengan kubis, merupakan salah satu sayuran yang banyak ditemukan di Indonesia.

Kandungan yang terdapat pada kol adalah sebagai berikut :

Vitamin A
Vitamin B kompleks
Zat besi
Kalium
Ripoflavin
Asam folat

Kandungan gizi ini merupakan zat pembangun yang membantu menjadikan proses metabolisme tetap berjalan dengan baik. Berbagai kandungan kol membuat kesehatan yang memakannya dapat terjaga agar selalu dalam keadaan baik. Berikut adalah daftar manfaat kol bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Membantu pembentukan sel darah merah

2. Mencegah kanker

3. Mengontrol tekanan darah tinggi

4. Detoksifikasi tubuh

5. Baik untuk jantung

Nah itulah kandungan yang terdapat pada sayuran kol dan manfaatnya bagi tubuh. Lalu bahayanya apa ketika kol itu digoreng? Meskipun enakbangetdan menambah nafsu makan, kol goreng ini ternyatanggaksehat.Pertama, kol digoreng dengan minyak. Artinya, lemaknyabanget!

Selain itu, dilansir dari Kaki Loma Street Food by Qraved, kol yang digoreng vitaminnya sudah hilang. Lalapan yang punya banyak penggemar dari berbagai kalangan ini mengandung radikal bebas yang tinggi akibat digoreng dengan banyak minyak yangnggaklagi segar.

Udah gitu, kol yang digoreng merangsang senyawa karsinogenik. Dilansir dari Alo Dokter, zat ini merupakan senyawa yang bisa memicu kanker. Duh, seram! harusnya bisa jadi pencegah kanker malah jadi pemicu kanker

Nah udah taukan bahaya kol goreng jika dikonsumsi? Yuk lebih giat lagi jaga kesehatan, jauhin makanan-makanan yang olahannya udah diluar olahan yang seharusnya. Jadiii konsumsi kolnya yang direbus aja yaa, ga mau kan kena kanker?