×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Keelokan Gunung Andong di Magelang, Jawa Tengah

0

Jalan-Jalan

Keelokan Gunung Andong di Magelang, Jawa Tengah

Gunung Andong memiliki pesona dan pemandangan yang menawan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

satyo indarlaksono

30 / 07 / 2020 15:35

Mendaki merupakan sebuah olahraga atau hobi yang banyak digemari kalangan muda pada saat ini. Ketika mendaki kamu akan menemukan jati diri dan juga dapat melihat keindahan alam yang diciptakan Tuhan yang tidak dapat kamu lihat hanya dari kaki gunung.

Namun di balik keindahannya mendaki juga memiliki banyak risiko karena kamu akan bertemu langsung dengan alam bebas sehingga perlu memiliki pengetahuan tentang alam bebas dan peralatan yang memadai. Hal tersebut sangat perlu diperhatikan untuk pendaki pemula atau yang baru ingin memulai pendakian.

Namun tenang saja, pendaki pemula atau yang baru ingin memulai pendakian dapat mencoba Gunung Andong. Gunung Andong terletak di daerah Magelang. Gunung ini memiliki tinggi 1726 mdpl. Walaupun tidak sampai 2000 mdpl, pemandangan yang didapatkan dari puncak gunung ini sangat bagus. Kamu dapat melihat pemandangan gunung-gunung di sekitar Jawa Tengah dan Jogja seperti Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo, Sumbing, dan Sindoro.

Jalur pendakian dapat ditempuh dari base camp Desa Sawit. Nah, kamu bisa mencari base camp ini melalui aplikasi Google Maps sehingga tidak akan tersasar. Biaya administrasi di gunung ini yaitu Rp 10 ribu dan untuk parkir Rp 2 ribu. Fasilitas yang kamu dapatkan di base camp sangat banyak seperti tempat istirahat, toilet, warung makan, dan suvenir yang dapat dijadikan oleh-oleh untuk teman atau kerabat.

Pendakian melalu jalur ini membutuhkan jarak tempuh sekitar dua jam bagi pemula. Dimulai dari gerbang pendakian, Jalur Sawit ini memiliki tiga pos. Pada saat di pos 1 dan pos 2 kamu akan mendapatkan fasilitas toilet dan warung makan jika ingin beristirahat terlebih dahulu di antara pos tersebut. Bagi kamu yang tidak ingin terlalu berat membawa air tenang saja karena di perjalanan menuju pos 3 kamu akan mendapati sumber air yang sudah ditampung dan dapat langsung diminum. Kamu bisa membawanya dengan botol atau jerigen untuk keperluan di tempat camp nantinya.

Loading...

Setelah melewati tiga pos tersebut kamu akan disambut oleh empat puncak, yaitu Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Andong, dan Puncak Alap-Alap. Biasanya para pendaki akan mendirikan tenda di Puncak Jiwa karena tempatnya yang landai dan luas. Tetapi jika kamu mendaki gunung untuk mencari kesunyian hendaknya memilih hari tertentu. Sebab gunung ini akan sangat ramai oleh pendaki pada akhir pekan dan akan terlihat seperti pasar tenda. Kamu disarankan mendaki pada hari biasa yaitu Senin sampai Jumat.

Di atas puncak kamu bisa menikmati sunrise yang banyak dicari pendaki ketika ke Gunung Andong. Biasanya matahari akan terbit di balik Gunung Merbabu yang berada persis di depan Gunung Andong. Kamu juga bisa menikmati keindahan lampu-lampu rumah warga dan Kota Salatiga yang sangat indah pada malam hari. Di balik keindahan Gunung Andong, jangan lupa untuk membawa sampah yang kamu bawa sebelumnya.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red