Gua merupakan bentukan alam khas daerah karst atau batuan kapur, biasaya berbentuk lorong horizontal maupun vertikal, memiliki ornamenornamen khas seperti stalaktik dan stalagmit. Karena keunikannya, tak jarang banyak orang yang tertarik untuk menjadikan gua sebagai objek wisata.

Gua terdalam di Indonesia, kedalamannya 2 kali tinggi Monas lho!

foto : pixabay.com

Kawasan karst di Indonesia tersebar di beberapa daerah, seperti di Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Maros. Banyak gua tersebar di daerah ini, salah satunya bernama Leang Pute.

Gua terdalam di Indonesia, kedalamannya 2 kali tinggi Monas lho!

foto :http://ekspedisi50tn.mapalasilvagama.or.id

Leang Pute (Gua Pute) tercatat memegang rekor sebagai gua vertikal terdalam di Indonesia dengan kedalaman 260270m dan memiliki diameter 6080m. Leang Pute bersifat single pitch, atau hanya butuh 1 lintasan saja untuk masuk ke dalamnya. Membutuhkan berbagai macam peralatan seperti tali dan pengaman lainnya untuk masuk ke dalam gua ini. Teknik yang digunakan untuk memasukinya pun biasanya menggunakan SRT (Single Rope Technique).

Gua terdalam di Indonesia, kedalamannya 2 kali tinggi Monas lho!

foto : btravindonesia.com

Dasar gua ini hampir seluas stadion bola yang memiliki dasar berkontur karena rekahan-rekahan bebatuan dan terdapat berbagai macam hewan seperti ular, laba-laba, kaki seribu yang besar, katak dan lainnya. Kamu berminat memasuki gua terdalam ini?