×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini 7 kebiasaan orang Jepang yang perlu kamu tahu

0

Life

Ini 7 kebiasaan orang Jepang yang perlu kamu tahu

Kamu perlu tahu agar tak kaget sat berkunjung ke sana.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Tri Sutrisno

04 / 05 / 2018 11:39

Jepang merupakan salah satu negara maju yang menjadi acuan negara lain. Produk-produknya yang mendunia dan keindahan alamnya menarik banyak orang untuk mengunjungi negara Matahari Terbit ini. Nah, sebelum berkunjung ke Jepang, ada beberapa kebiasaan di Jepang yang perlu kamu ketahui seperti berikut ini.

1. Makan langsung dari hidangan.

Makan

Makan langsung dari hidangan dianggap tak sopan. Orang Jepang biasanya mengambil beberapa jenis makanan dari hidangan, menaruhnya di mangkuk, baru kemudian menyantapnya. 

2. Membayar makanan.

Loading...

Traktir

Orang Jepang biasanya membagi jumlah tagihan makanan yang harus dibayar dengan teman ataupun pacar. Umumnya, pria menawarkan diri untuk membayar lebih banyak karena makanan yang mereka pesan biasanya lebih mahal, begitupun dengan orang yang lebih tua. Namun, dalam pertemuan bisnis, hal ini tidak dilakukan. Perusahaan yang menjual produklah yang biasanya membayar tagihan tersebut. Orang yang ditraktir biasanya akan bertindak seolah-olah tak ingin tagihannya dibayarkan, namun ini hanyalah basa-basi saja.

3. Menuangkan minuman.

Menuangkan minum

Pada saat makan malam, orang Jepang selalu memesan minuman untuk diminum bersama rekan maupun teman. Mereka memiliki kebiasaan untuk tak menuangkan minum bagi diri sendiri karena dianggap tak sopan. Tuanglah minuman untuk semua orang kecuali dirimu sendiri dan biarkan orang lain yang menuangkan minum untuk kamu.

4. Berjabat tangan dan membungkuk.

Membungkuk

Mungkin kita sudah familiar dengan kebiasaan membungkuk orang Jepang sebagai gestur menghargai dan sopan santun. Selain membungkukkan badan, berjabat tangan adalah hal yang juga biasa dilakukan saat perkenalan bisnis di Jepang. Kamu tak harus membungkuk kecuali memang sudah terbiasa dengan kebiasaan tersebut. Namun, kamu harus menunjukkan gerak tubuh yang jelas kepada lawan bicaramu, apakah hendak berjabat tangan atau membungkuk. Sebab, berjabat tangan dan membungkuk di waktu yang bersamaan dapat menimbulkan kecanggungan.

5. Menunjuk.

Menunjuk

Menunjuk dengan jari adalah hal yang dihindari karena dianggap sebagai salah satu gestur ancaman di Jepang. Biasanya orang Jepang menunjuk arah dengan telapak tangan terbuka.

6. Memainkan sumpit.

Sumpit

Sumpit hanya digunakan sebagai alat makan. Menggunakan sumpit untuk menunjuk ataupun untuk hal lainnya dianggap tak sopan.

7. Membunyikan klakson.

Klakson

Orang Jepang membatasi penggunaan klakson kendaraan. Mereka hanya membunyikan klakson pelan untuk hal penting seperti untuk memperingatkan kendaraan lain yang lampunya tak menyala di malam hari.

8. Membersihkan wajah dengan oshibori.

Oshibori

Restoran di Jepang biasanya menyediakan handuk basah (oshibori) yang panas atau dingin tergantung musim. Handuk ini digunakan untuk membersihkan tangan sebelum makan. Membersihkan wajah maupun menggunakan oshibori sebagai serbet dianggap tak sopan.

Jadi, apabila kamu berkunjung ke Jepang, cobalah menyesuaikan diri dengan kebudayaan dan kebiasaan di sana. Sebab, di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red