Lidah buaya atau biasa dikenal dengan aloe vera sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Lidah buaya dikenal memiliki segudang manfaat, baik untuk tubuh maupun kecantikan. Banyak sekali produk-produk kesehatan tubuh dan kecantikan yang mengandung lidah buaya. Lidah buaya mengandung vitamin (E, B12, B, C, asam folat), mineral (kalsium, kromium, sodium, selenium, magnesium, potasium mangan dan zinc), dan tinggi oksidan.

Banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan lidah buaya dalam bentuk kemasan karena lebih praktis dalam pemakaian. Padahal penggunaan lidah buaya secara langsung/tradisional lebih ampuh karena khasiat yang dimiliki masih lengkap dan tidak berkurang. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah manfaat dari lidah buaya.

1. Kesehatan rambut.

Lidah buaya sangat dikenal manfaatnya untuk kesehatan rambut. Kandungan yang dimiliki lidah buaya dapat memperkuat akar rambut, mengilaukan rambut, melembapkan, menghilangkan ketombe, menyembuhkan kerontokan, dan membantu menjaga kehitaman rambut.

Cara tradisional yang dapat dilakukan adalah potong lidah buaya menjadi beberapa bagian, kemudian belah lidah buaya, bersihkan, oleskan ke akar hingga ujung rambut, lalu diamkan beberapa menit dan bilas hingga bersih. Namun ada cara lain yaitu dengan mengambil isi pada lidah buaya, haluskan hingga berbentuk seperti gel, lalu jadikan sebagai masker rambut.

2. Melembapkan dan mencerahkan kulit.

Kulit pada tubuh dan wajah sangat membutuhkan pelembap untuk mencegah terjadinya kulit kering. Kandungan mineral yang terdapat pada lidah buaya mampu melembapkan kulit dengan baik. Tak hanya itu, pemakaian lidah buaya secara rutin mampu membuat mencerahkan kulit karena memiliki kandungan vitamin C.

Cara mudah yang dapat dilakukan yaitu aplikasikan gel lidah buaya ke kulit sebelum tidur, lalu diamkan hingga esok hari. Biarkan gel lidah buaya tersebut meresap dengan baik ke kulit.

3. Membantu menghilangkan bekas dan menyembuhkan jerawat.

Bekas jerawat dan jerawat yang meradang merupakan permasalahan yang sering dialami oleh kebanyakan masyarakat. Kandungan yang dimiliki lidah buaya dapat meredakan jerawat aktif/meradang dan memudarkan noda hitam pada wajah.

Haltersebut bisa dilakukan menggunakan lidah buaya dengan cara mencampurkan lidah buaya yang sudah dihaluskan dengan lemon/madu. Kemudian jadikan sebagai masker wajah dan diamkan selama 15-20 menit lalu bilas hingga bersih.

4. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu proses detoksifikasi.

Kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki lidah buaya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Lidah buaya akan membantu dalam penyerapan vitamin dan mineral sehingga kekebalan tubuh meningkat dan mencegah serta menyembuhkan panas dalam. Mengonsumsi lidah buaya secara rutin juga dapat membantu dalam proses pembuangan racun atau detoksifikasi tubuh.

Cara yang dapat dilakukan yaitu cuci bersih daging lidah buaya, dipotong berbentuk dadu dan direbus sekitar 10-15 menit. Daging yang telah direbus dapat ditambahkan sirup atau air gula sesuai selera.

5. Mengobatiluka pada kulit.

Lidah buaya memiliki kandungan anti bakteri yang mana dapat membantu dalam penyembuhan luka pada kulit dengan cara mengoleskan lidah buaya pada luka.

6. Mencerahkan dan melembapkan bibir.

Lidah buaya juga bermanfaat untuk membantu mencerahkan warna bibir yang gelap, melembapkan, dan mampu mengobati bibir pecah-pecah. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengaplikasikan lidah buaya pada bibir. Pemakaian secara rutin akan memberikan hasil yang memuaskan.