Masker merupakan perawatan kulit yang lazim dilakukan banyak orang. Mulai dari masker tradisional sampai modern, banyak sekali jenisnya.

Akan tetapi pernahkah terpikirkan lebih mendalam bagaimana cara menggunakan masker dengan benar? Karena bisa jadi cara yang kamu lakukan selama ini salah loh dan justru malah berdampak buruk bagi kulit. Kalau gak mau hal itu terjadi,dirangkum dari Dipstach dan Tistory, kamu bisa ikuti tipsmengenai cara memakai masker yang benar apapun jenisnya berikut ini.

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu.

Jangan kelamaan, begini tips memakai masker yang benar

Sebelum memakai masker, ada baiknya kamu terlebih dahulu membasuh muka dengan air lalu menggunakan toner untuk membersihkan debu yang menempel di permukaan kulit.

2. Jangan memakai masker di daerah mata.

Jangan kelamaan, begini tips memakai masker yang benar

Daerah di sekitar mata yang umumnya terdapat dark circle memiliki kulit yang sangat tipis dan sensitif jika terkena bahan kimia. Untuk itu, kalau kamu pakai masker oles, sebaiknya hindari daerah ini ya.

3. Jangan terlalu lama memakai masker.

Jangan kelamaan, begini tips memakai masker yang benar

Beberapa dari kamu mungkin berpikir kalau semakin lama pakai masker maka akan semakin bagus untuk kulit. Bahkan ada yang sampai dibawa tidur. Waduh, itu salah besar! Karena idealnya memakai masker itu hanya 15-20 menit. Apabila terlalu lama, maka kelembapan kulit kamu akan terserap lagi oleh masker. Terutama untuk jenis mask packyang akan membuat wajahmu jadi bermasalah.

4.Manfaatkan sisa mask pack untuk bagian tubuh lainnya.

Jangan kelamaan, begini tips memakai masker yang benar

Kalau kamu pakai jenis mask pack yang sekali pakai, setelah 15 menit pemakaian biasanya kan masih berair tuh. Nah, kamu bisa manfaatin serum dari masker tersebut untuk perawatan bagian leher, sikut dan bagian badan lainnya yang menurut kamu perlu kelembapan.

5. Pakai satu jenis masker saja.

Jangan kelamaan, begini tips memakai masker yang benar

Ada baiknya jangan terlalu sering gonta ganti masker karena akibatnya jika terlalu sering gonta ganti, bisa-bisa khasiat maskernya gak akan efektif lagi untuk kulitmu. Disarankan kalau ingin mengganti masker, lakukan hanya sebulan sekali saja.