×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah potret tank tempur dari 8 negara di Asia Tenggara

0

Global

Inilah potret tank tempur dari 8 negara di Asia Tenggara

Seberapa kuat ya tank tempur milik Indonesia?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Erin

17 / 10 / 2019 13:04

Main Battle Tank (MBT) atau disebut Tank Tempur Utama dalam bahasa Indonesia merupakan tank pertahanan yang dirancang untuk bertempur serta bertahan dalam medan pertempuran. MBT diklaim praktis sebab mampu menciptakan kemampuan daya tembak dan pelindung armor yang biasanya dimiliki tank-tank berat dan berhasil dikemas ke dalam bentuk tank yang lebih ringan. Semua negara setuju bahwa MBT menjadi acuan tank secara de facto untuk masing-masing tentara di seluruh dunia. Kepemilikan MBT juga dinilai sebagai indikator apakah tentara di suatu negara sudah tergolong modern atau bahkan belum sama sekali.

MBT yang modern jarang beroperasi sendiri, mereka diorganisasikan ke dalam unit-unit lapis baja yang melibatkan dukungan dari infantri serta dapat menemani MBT dengan kendaraan infantri. Tak hanya itu, MBT juga didukung oleh pesawat pengintai.

Dikutip dari situs Seasia.co, ternyata nggak semua negara di Asia Tenggara memiliki MBT loh. Hanya ada 6 negara di Asia Tenggara yang memiliki MBT dan sisanya tidak. Brunei Darussalam, Filipina, dan Timor Leste tidak memiliki MBT nih. Lalu siapa saja ya keenam negara yang memiliki MBT?

Berikut potret Tank Tempur Utama (MBT) yang dimiliki delapan negara di Asia Tenggara:

1. Kamboja – MBT TYPE 59.

Loading...

Inilah potret tank tempur dari 8 negara di Asia Tenggara

Tank Tempur Utama TYPE 59 ini dibuat oleh Cina. Tank ini merupakan versi lain dari jenis MBT T-54A milik Uni Soviet loh sebab memiliki kemiripan yang hampir identik. Tank ini memiliki massa seberat 36 ton, panjang 6,04m, dan kecepatan 50 kilometer per jam (31 mph).

2. Indonesia – MBT LEOPARD 2 REVOLUTION.

Inilah potret tank tempur dari 8 negara di Asia Tenggara

Inilah potret tank tempur dari 8 negara di Asia Tenggara

Selanjutnya yakni Tank Tempur Utama milik Indonesia. Tipe Leopard 2 Revolution ini dibuat oleh Jerman. Indonesia sendiri membeli MBT Leopard 2 Revolution ini sebanyak 61 unit yang mana ditujukan untuk memperlengkap peralatan tempur yang sebelumnya sudah dibeli.

MBT Leopard 2 Revolution ini memiliki keunggulan seperti struktur cangkang luar tank yang menyerupai tank-tank siluman serta sistem kanonnya yang mampu mendeteksi musuh dan kawan secara otomatis. Kemudian moncong kanon kaliber 120 mm yang dapat mengunci musuh bahkan mengikuti suhu panas kendaraan tempur musuh. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ryamizard Ryacudu, Menteri Pertahanan RI. Keren banget, ya.

3. Laos – MBT T-72B1.

Inilah potret tank tempur dari 8 negara di Asia Tenggara

Selanjutnya yakni negara tetangga, Laos. MBT T-72B1 ini dibuat oleh Rusia. Tank ini memiliki berat 44.500 kg serta kecepatan 60 km/jam. Keunggulan lainnya, MBT T-72B1 terdiri dari 1x meriam smoothbore khusus 2A46M kaliber 125 mm. Senjata kaliber 125 mm tersebut distabilkan pada kedua bidang. MBT T-72B1 dapat menembakkan amunisi ATGM 9K120 Ataka (Attack) yang memungkinkan kru untuk menembakkan roket-roket dipandu pada jarak 100–4.000 meter juga dilengkapi Kontakt-1 peledak baja reaktif (ERA) yang dikembangkan pada pertengahan 1980-an.

4. Malaysia – MBT PT-91M.

Inilah potret tank tempur dari 8 negara di Asia Tenggara

Tank Tempur Utama PT-91M milik Malaysia ini dibuat oleh Polandia. Tipe PT-91M merupakan versi dari jenis MBT T-72M milik Rusia. Meningkatkan kemampuannya dengan sistem elektronik berstandar NATO, MBT ini diberi label PT-91 Twardy. Malaysia sendiri menjatuhkan pilihan kepada Polandia lantaran MBT PT-91M dianggap punya kualitas yang tak kalah dengan MBT produksi Rusia. Malaysia pun memesan 48 unit PT-91M.

5. Myanmar – MBT VT-A1S/ MBT 2000.

Inilah potret tank tempur dari 8 negara di Asia Tenggara

Tank Tempur Utama jenis MBT 2000 milik Myanmar ini dibuat oleh Cina. Tank jenis ini memiliki dua varian, yakni dikembangkan oleh Cina dengan nama VT-A1S serta dikembangkan oleh Pakistan dengan nama Al-Khalid Tank. Memiliki massa 46 ton serta tinggi 2,40 m, tank ini dirancang dengan bore 125 mm, smoothbore 48 kaliber panjang, auto-frettaged dan laras senapan berlapis krom yang dibuat dari baja peleburan electroslag yang sangat kaku.

Tank MBT 2000 ini juga memiliki sistem kendali-api Tiongkok Norinco mengambil input dari sepuluh sensor dengan waktu perhitungan balistik kurang dari satu detik. Tak hanya itu tank ini memiliki jarak efektif sebesar 200 hingga 7.000 meter serta French Auto-tracking yang dihubungkan dengan stasiun penembak.

6. Singapura – MBT LEOPARD 2SG.

Inilah potret tank tempur dari 8 negara di Asia Tenggara

Tank Tempur Utama jenis Leopard 2SG ini dibuat oleh Jerman. Tank jenis ini sengaja dibeli oleh Singapura sebagai upgrade dari tank sebelumnya yang berjenis Leopard 2A4. Leopard 2SG ini dilengkapi dengan sistem baru, yang disebut Commander’s Open Architecture Panoramic Sight (COAPS) juga sebagai upgrade mulai dari instalasi sistem manajemen pertempuran, sistem pendingin kompartemen awak, unit daya tambahan, reverse kamera, perangkat elektronik internal, sampai sistem kendali penembakan. MBT ini sama-sama berjenis Leopard 2 seperti Indonesia loh.

7. Thailand – MBT VT-4.

Inilah potret tank tempur dari 8 negara di Asia Tenggara

Tank Tempur Utama berjenis VT-4 ini dibuat oleh Cina. Tank ini dipesan langsung oleh Royal Thai Army sebanyak 38 unit serta dilengkapi dengan mesin diesel turbocharged 1.200 tk dan tak lupa juga dipadukan transmisi otomatis. Memiliki bobot tempur sekitar 52 ton, VT-4 memiliki rasio tenaga/berat lebih dari 23 tk/ton serta mendukung untuk dipersenjatai dengan meriam smoothbore 125 mm yang dilengkapi dengan pengisi otomatis. Keren, ya.

8. Vietnam – MBT T-90S.

Inilah potret tank tempur dari 8 negara di Asia Tenggara

Yang terakhir yakni Tank Tempur Utama berjenis T-90S yang dibuat oleh Rusia. Angkatan Darat Vietnam telah membeli 64 unit MBT T-90S dan sekarang tank-tank tersebut telah menjadi bagian dari komponen tempur aktif nih. T-90s ini akan dimasukkan dalam Divisi Brigade Tank 201 Vietnam. Tank bermassa sekitar 46 ton ini memiliki keunggulan dengan dilengkapinya persenjataan mematikan, sistem kontrol penembakan canggih, perlindungan armor berat dan kemampuan manuver yang tinggi. Meriam smoothbore 125 mm sebagai persenjataan utamanya telah ditingkatkan dengan sistem boresighting terintegrasi dan laras pelepas cepat. Senjata tersebut distabilkan di dua bidang dan diisi oleh pemuat otomatis (autoloader).

Nah, itu dia delapan negara di Asia Tenggara yang memiliki Tank Tempur Utama (MBT). Kira-kira yang mana nih MBT favorite kamu?

Terima kasih telah membaca artikel ini. Salam hangat!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

TNI
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red