Gadget semakin canggih saja dan semakin berteknologi. Tahukah kamu ternyata gadget kita yang begitu canggih berawal dari alat sederhana yang berkembang menjadi komputer dan kemudian diaplikasikan ke gadget canggih jaman sekarang. Alat yang dikembangkan tahun 1936 ini dinamakan Model K. Adder.

Model K. Adder dikembangkan oleh George Stibitz tahun 1936. Dia menamainya "Model K.", karena dia membangunnya di atas meja dapur. Dia juga menamainya "Adder" karena itu hanya bisa menambah, tidak mengurangi atau apa pun. Untuk membuatnya, ia menggunakan potongan logam dari kaleng dan, beberapa relay tua dari Bell Lamps. Itu bisa menambahkan dua digit biner. Ini juga menunjukkan bukti konsep untuk menerapkan logika Boolean untuk desain komputer yang menghasilkan konstruksi Kalkulator Kompleks Model I berbasis relay pada tahun 1939.

Fungsi alat tersebut adalah membantu menghitung hanya dengan satu fungsi yaitu penjumlahan. Model K.Adder ini dianggap sebagai kalkulator dan komputer pertama didunia.

Sebelum menjadi gadget canggih saat ini, gadget kita didasari oleh banyak sekali penemuan di bidang teknologi. Jika Model K.Adder melandasi pengembangan dalam hal logika pemrograman gadegt. Gadget kita juga dilengkapi oleh fungsi komunikasi yang mulai dikembangkan di jerman tahun 1933 dalam bentu pengiriman pesan sandi (carabikinwebsite.com/01 Desember 2019).

Teknologi pengiriman pesan elektronik didasari oleh penemuan mesin Turing pertama kali diusulkan oleh Alan Turing pada tahun 1936 dan menjadi dasar bagi teori tentang komputasi dan komputer. Mesin itu adalah perangkat yang mencetak simbol pada pita kertas dengan cara yang meniru seseorang mengikuti serangkaian instruksi logis. Tanpa dasar-dasar ini, kita tidak akan memiliki komputer yang kita gunakan saat ini. Mesin Turing berkembang menjadi mesin bombie (boombastis.com/01 Desember 2019)

Selama perang dunia, dua ilmuwan Jerman memutuskan untuk membuat sistem jaringan pesan untuk berkomunikasi dengan berbagai bagian medan pertempuran. Pengembangan komunikasi dalam teknologi jaringan pesan berkembang lebih baik ditahun 1939 dengan kehadiran mesin komunikasi bombie.Bombe adalah mesin yang mendekripsi komunikasi militer berbasis ENIGMA Nazi selama Perang Dunia 2 (alamy.com/01 Desember 2019).

pada bulan Desember 1943,Tommy Flowers mengembangkan mesin bernama Colossus sebagai komputer listrik pertama. Colossus diciptakan untuk membantu pemecah kode untuk membaca pesan-pesan Jerman terenkripsi.(computinghistory.org.uk/01 Desember 2019).

TX-0 (Transistorized Experimental computer) adalah komputer transistorized pertama yang didemonstrasikan di Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1956 ditemukan dan dikembangkan sebagai dasar komputer modern saat ini. Komputer transistor terus berkembang dan dikembangkan mikroprosesor.Mikroprosesor pertama dikembangkan oleh perusahaan Intel pada 15 November 1971 yang diberinama Intel 4004 (November,2012:133).


IBM 5100 adalah komputer portabel pertama, yang dirilis pada bulan September 1975. Komputer memiliki berat 55-pon dan memiliki layar CRT lima inci, tape drive, prosesor PALM 1,9 MHz, dan RAM 64 KB. Komputer portabe ini menjadi dasar pengembangan gadget di gabungkan dengan penemuan portabel phone cell(Saito,2012:12).

Pada tahun 1983, Motorola merilis ponsel komersial pertamanya, yang dikenal sebagai Motorola DynaTAC 8000X yang dikembangkan oleh Dr. Martin Cooper sejak tahun 1973. Ponsel ini mampu melakukan panggilan telepon 30 menit waktu bicara, enam jam siaga, dan dapat menyimpan 30 nomor telepon.(Times.com/25 Oktober 2010).Sejak saat itu phone cell terus berkembang hingga dirilisnya IPhone Apple tahun 2007 yang mejadi perubahan besar dalam gadget modern saat ini(cnnindonesia.com/12 September 2018).

Kecanggihan gadget modern saat ini ternyata berawal dari alat sederhana yang hanya memiliki fungsi penambahan. Namun, penemuan tersebut menginspirasi dan menjadi landasan penemuan lain yang terus berkembang hingga menjadi gadget modern saat ini.