Sudah menjadi hal umum tentang peliknya menyelesaikan tugas akhir bernama 'skripsi' bagi seorang mahasiswa. Sulitnya menyelesaikan skripsi tak sedikit membuat mahasiswa stres, putus asa, makan tak kenyang dan tidur pun tak nyenyak, kantong terkuras, kantung mata bermunculan, begitulah kira-kira curhatan banyak mahasiswa.

Beban ini tak akan terlalu dirasakan jika mahasiswa mempunyai nasib yang bagus alias beruntung seperti mendapatkan dosen pembimbing yang baik hati atau dosen penguji yang ramah tamah. Sebaliknya, beban berat akan dirasakan mahasiswa yang mendapatkan dosen pembimbing yang 'menyulitkan', seperti 'suka' PHP, sering marah alias killer, super sibuk, banyak maunya, acuh, cerewet, pelit nilai, labil, super sensitif, dan lain sebagainya.

Tapi pahamilah guys, di balik lelahmu ini, ada sebuah hadiah manis yang akan kamu peroleh setelah menyelesaikan skripsi.

1. Rasa bangga orangtuamu

4 Hal ini cuma dirasakan mahasiswa setelah skripsi

Foto: youtube.com

Menguliahkanmu hingga akhir semester merupakan perjuangan berat bagi orangtuamu. Kamu bisa saja mengeluh dan lelah, tapi ibu bapakmu pasti jauh lebih lelah. Saat melihatmu lulus setelah sidang skripsi, semua lelah orangtua mu tak akan ada artinya lagi, guys. Orang tua mana yang gak bahagia melihat anaknya lulus, ya kan. Maka, kerjakan dan perjuangkan skripsi mu saat ini, buat mereka bangga!

2. Ucapan 'selamat' dipenuhi bunga-bunga

4 Hal ini cuma dirasakan mahasiswa setelah skripsi

Foto: okezone.com

Saat lulus, kamu akan dibanjiri dengan ucapan selamat dari teman, sahabat, keluarga, orang-orang yang kamu cinta dan mencintaimu. Kamu juga akan mendapat banyak bunga yang membuat lelahmu bertahun-tahun seolah terbayar lunas.

3. Rasa bangga terhadap diri

4 Hal ini cuma dirasakan mahasiswa setelah skripsi

Foto: blog.donders.ru.nl

Percayalah, setelah melewati skripsi, setidaknya kamu akan merasakan bangga terhadap diri kamu. Bangga bahwa kamu bisa membayar rasa lelah kuliah bertahun-tahun dengan sebuah kelulusan, karena banyak di luar sana mahasiswa yang putus atau berhenti kuliah.

4. Wisuda menanti

4 Hal ini cuma dirasakan mahasiswa setelah skripsi

Foto: graduationsource.com

Momen terindah ini tentunya merupakan yang paling diharapkan bagi mahasiswa. Saat pemindahan tali toga dan sebuah keluarga berkumpul atas kelulusanmu.