×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 6 manfaat hebat bawang putih yang jarang diketahui

0

N/A

Inilah 6 manfaat hebat bawang putih yang jarang diketahui

Di balik baunya yang menyengat, bawang putih menyimpan segudang manfaat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

ANNISA RIZQI MAULIDA

08 / 11 / 2019 16:51

Bawang putih sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama sebagai bumbu masakan. Namun karena aroma dari bawang putih yang menyengat, membuat sebagian orang menghindari mengonsumsi bahkan tidak suka dengan bawang putih. Di balik bau menyengatnya sebenarnya bawang putih memiliki beragam kandungan yang bermanfaat bagi tubuh.

1. Menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Sifat penyegaran yang terkandung dalam bawang putih dapat melindungi kulit dari efek radikal bebas yang mempercepat penipisan kolagen dan membuat kulit berkeriput. Selain itu bawang putih juga ampuh menghilangkan noda bekas luka. Caranya hanya dengan oleskan bawang putih pada bagian noda luka tersebut. Menggosokkan ekstrak bawang putih di kulit kepala juga dapat mencegah kerontokan rambut. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung sifat anti-mikroba yang membantu membunuh kuman dan bakteri penyebab kerusakan kulit kepala.

2. Ampuh menghilangkan rasa ngilu akibat sakit gigi.

Sakit gigi secara umum disebabkan karena adanya bakteri pada gigimu. Sifat anti bakteri dan virus dalam bawang putih dapat menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu bawang putih juga punya kandungan analgesic yang mampu mengatasi sakit gigi.

Loading...

3. Bawang putih rendah kalori dan kaya akan nutrisi.

Bawang putih ialah salah satu herbal dengan kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi tubuh. Tiap 136 gr bawang putih mengandung vitamin C yang memenuhi 71% kebutuhan harian tubuh, kalsium yang memenuhi 25% kebutuhan harian tubuh, serat dan zat besi yang masing-masing memenuhi 13% kebutuhan harian tubuh. Bawang putih dipastikan dapat membantu menunjang kesehatan tubuh dan menjadikan kita bebas dari berbagai penyakit berbahaya.

4. Ampuh menurunkan kolesterol.

Bawang putih dianggap sebagai salah satu rempah terbaik untuk mencegah kolesterol tinggi. Cukup makan sekitar 10 gr bawang putih mentah (1-2 siung) setiap hari mampu menurunkan kolesterol cukup drastis dalam dua bulan. Manfaat ini berasal dari kandungan acilin dalam bawang putih. Uniknya, kandungan ini akan keluar ketika bawang putih dipotong, atau ditumbuk (uleg).

5. Melawan radang, pilek, dan batuk.

Senyawa aktif allicin yang terkandung dalam bawang putih terbukti ampuh membunuh berbagai kuman penyebab penyakit yang sering kita alami seperti batuk, pilek, flu, dan radang tenggorokan. Jika kamu mengalami gejala tersebut, bawang putih dapat mengurangi gejala tersebut dan mempercepat penyembuhan. Rutin mengonsumsi bawang putih mentah dipercaya mengurangi risiko jatuh sakit akibat tertular penyakit umum tersebut. Selain itu bawang putih dapat mengurangi rasa capek dan penat pada tubuh.

6. Menurunkan risiko kanker.

Banyak bukti penelitian menunjukkan konsumsi bawang putih rutin dapat menurunkan risiko terserang penyakit kanker. Ini karena bawang putih mentah kaya akan kandungan sulfur aktif yang dapat mencegah pembentukan sel kanker dan memperlambat penyebarannya dalam tubuh. Beberapa penyakit kanker yang dapat dicegah dengan bawang putih termasuk kanker perut (usus besar, lambung, dan usus kecil), kanker kerongkongan, kanker pancreas, kanker payudara, dan kanker prostat.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red