×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 5 keistimewaan buah belimbing wuluh bagi kesehatan

0

Kesehatan

Inilah 5 keistimewaan buah belimbing wuluh bagi kesehatan

Buah berwarna hijau dengan rasa asam ini memiliki kandungan yang mujarab.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rio Kurniawan

02 / 03 / 2020 13:55

Belimbing wuluh atau (Averrhoa Bilimbi) dikenal juga belimbing sayur, merupakan buah yang berkembang didaerah tropis khususnya di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Belimbing wuluh ini termasuk dalam genus Averrhoa, famili Oxalidaceace. Mengenai kandungannya, belimbing wuluh sendiri memiliki kandungan protein, serat, vitamin dan mineral. Kandungan vitamin dalam belimbing wuluh di antaranya vitamin A, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Tidak hanya itu saja, kandungan mineral pada belimbing wuluh juga mengandung antioksidan yang memiliki banyak manfaat sekaligus bersifat astringen, seperti dilansir pada laman doktersehat.com (10/18).

Berikut beberapa manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan seperti dilansir dari laman Bibitbunga.com (10/20).

1. Mengobati diabetes.

Inilah 5 keistimewaan buah belimbing wuluh bagi kesehatan

Ternyata buah belimbing wuluh bisa menurunkan kadar gula darah. Caranya dengan membuat buah belimbing wuluh menjadi jus, yaitu bisa dikonsumsi seperti jus buah pada umumnya. Cara lainnya yaitu merebus buah belimbing wuluh dengan 1 gelas air, lalu saringan air rebusan tersebut dapat dikonsumsi 2 kali sehari.

Loading...

2. Mengobati hipertensi.

Inilah 5 keistimewaan buah belimbing wuluh bagi kesehatan

Kita tahu bahwa hipertensi termasuk dalam penyakit berbahaya yang berada pada aliran darah arteri. Kita juga dapat dikatakan Hipertensi ketika tekanan darah konsisten berada di atas 140/90 mmHg. Untuk menjawab hal tersebut belimbing wuluh adalah solusi untuk mengendalikan hipertensi.

Cara pemanfaatannya dengan merebus belimbing wuluh bersama 3 gelas air sampai airnya menguap, lalu rebusannya bisa diminum ketika suam-suam kaku. Sangat dianjurkan dikonsumsi setiap pagi hari.

3. Mengobati gondong (Parotitis).

Inilah 5 keistimewaan buah belimbing wuluh bagi kesehatan

Manfaat buah belimbing wuluh selanjutnya untuk mengobati gondong atau (Epidemi Parotitis). Gondong sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh virus gondong. Virus ini menyerang bagian kelenjar ludah dan menyebabkan pembengkakan pada pipi atau leher bagian atas. Untuk cara pengobatannya dengan menempelkan batang muda dan daun belimbing wuluh dengan bawang putih yang dihaluskan untuk memberikan efek positif sekaligus mengurangi pembengkakan.

4. Sebagai antibiotik dan analgesik.

Inilah 5 keistimewaan buah belimbing wuluh bagi kesehatan

Bagian getah buah belimbing wuluh dari batang muda dan daunnya dapat digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengurangi pembengkakan, rematik, panu, gatal dan sakit akibat gigitan serangga. Untuk mengobatinya, caranya dengan menumbuk batang muda dan daunnya beserta 3-4 siung bawang putih hingga halus. Kemudian hasil tumbukan tersebut dapat dioleskan ke daerah kulit yang sakit dan efeknya bisa megurangi untuk pembengkakan dan nyeri pada rematik, bisa dicoba untuk ramuannya.

5. Mengobati demam dan flu.

Inilah 5 keistimewaan buah belimbing wuluh bagi kesehatan

Sering terserang demam dan flu namun bingung untuk mengobatinya? Buah belimbing wuluh bisa menjadi jawaban untuk menyembuhkannya. Rebusan buah belimbing wuluh sudah digunakan selama berabad-abad yang lalu untuk obat mujarab flu dan batuk, kandungan vitamin C pada buah belimbing wuluh bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red