×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini tipe pemimpin dan gaya kepemimpinan yang perlu kamu ketahui

0

N/A

Ini tipe pemimpin dan gaya kepemimpinan yang perlu kamu ketahui

Ada perbedaan antara pemimpin dan kepemimpinan yang perlu kamu tahu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Andi Dwi Pamungkas

06 / 06 / 2021 11:10

Untuk para calon pemimpin, kamu tahu enggak sih perbedaan pemimpin dan kepemimpinan? Ternyata pemimpin itu ada tipe dan gaya yang berbeda, lho.

Kepemimpinan berasal dari kata "pimpin", mempunyai awalan "pe" dan akhiran "an" yang menunjukkan sifat yang dimiliki oleh pemimpin itu. Kata pimpin mengandung pengertian mengarahkan, membina atau mengatur, menuntun, dan juga menunjukkan ataupun memengaruhi. Kepemimpinan berarti dapat diartikan sebagai suatu proses kegiatan seseorang untuk memengaruhi, menggerakkan, dan mengoordinasi individu atau kelompok agar terwujud hubungan kerja sama dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Sering kali kepemimpinan disamakan dengan pemimpin, padahal keduanya memiliki perbedaan makna. Pemimpin merupakan seseorang yang memiliki tugas memimpin, sementara kepemimpinan merupakan bakat atau sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin (Napitupulu, Putra, & Shalahuddin, 2019). 

Pemimpin itu banyak tipenya. Dalam teori kepemimpinan, sedikitnya terdapat enam tipe kepemimpinan yang dikenal, yaitu sebagai berikut.

1. Tipe otoriter.

Loading...

Tipe otoriter merupakan tipe pemimpin di mana berbagai kegiatan yang akan dilakukan dan penetapan keputusan ditentukan sendiri oleh pemimpin semata-mata tidak memberi kesempatan pada bawahan.

2. Tipe demokratis.

Tipe demokratis merupakan tipe pemimpin di mana berbagai kegiatan yang akan dilakukan dan penetapan keputusan ditentukan bersama antara pemimpin dengan bawahan.

3. Tipe liberal.

Tipe liberal merupakan tipe pemimpin di mana berbagai kegiatan dan penetapan keputusan lebih banyak diserahkan pada bawahan.

4. Tipe populis.

Tipe populis merupakan tipe pemimpin yang mampu membangun rasa solidaritas pada bawahan atau pengikutnya.

5. Tipe karismatik.

Tipe karismatik merupakan tipe pemimpin yang memiliki nilai ciri khas kepribadian yang istimewa atau wibawa yang tinggi sehingga sangat dikagumi dan mempunyai pengaruh yang besar terhadap bawahan atau pengikutnya.

6. Tipe kooperatif.

Tipe kooperatif merupakan tipe pemimpin yang memiliki jiwa Pancasila, yang memiliki wibawa dan daya untuk membawa serta dan mempin masyarakat lingkungannya ke dalam kesadaran kehidupan kemasyarakatan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Gaya kepemimpinan.

Selain tipe pemimpin, ada juga yang namanya gaya kepemimpinan. Apa sih gaya kepemimpinan itu?

Perilaku atau gaya pemimpin saling berhubungan dengan perilaku organisasi, dan "kepemimpinan yang efektif" akan memainkan peranan dan kontribusinya yang dominan dalam kehidupan organisasi yang selalu berinteraksi dengan lingkungan yang selalu mengalami perubahan terus-menerus, baik dalam lingkungan internal, lingkungan eksternal, maupun lingkungan global (Soekarso & Putong, 2015).

Gaya kepemimpinan (leadership behavior/style) dimaksudkan sebagai perilaku atau tindakan seorang pemimpin dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan manajerial, yang dibedakan sebagai berikut:

1. Gaya berorientasi pada tugas (task oriented), yang cenderung sebagai gaya otoriter.

2. Gaya berorientasi pada orang (people oriented), yang cenderung sebagai gaya demokratis.

3. Gaya berorientasi pada kombinasi keduanya (tugas dan orang), yang cenderung sebagai gaya moderat.

Nah, kira-kira kamu mau jadi pemimpin yang memiliki tipe dan gaya seperti apa sih?

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red