Setiap kali orang mendengar kolesterol pasti akan menganggap itu adalah hal negatif, padahal itu belum tentu. Arti dari kolesterol yaitu zat yang berbentuk seperti lemak yang bisa ditemukan pada setiap sel tubuh.

Kolesterol akan bergerak melalui aliran darah dalam bentuk lipoprotein. Lipoprotein ini wujudnya terbuat dari protein pada bagian luarnya dan lemak dibagian dalammnya. Ada 2 jenis lipoprotein yang membawa kolesterol menuju ke seluruh tubuhmu, yaitu:

1. LDL (Low density lipoprotein) yang disebut kolesterol jahat. Kolesterol jenis ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan penyakit stroke dan juga jantung.

2. HDL (High density lipoprotein) kolesterol baik. Nah, jenis kolesterol inilah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebab akan berguna untuk mencegah tubuh dari serangan penyakit kronis.

Ini syarat air kelapa yang boleh diminum oleh penderita kolesterol

Sumber : https://rheumapas.com/obat-asam-urat-dan-kolesterol/

Dengan mengetahui hal itu pasti kita bertanya-tanya bagamana caranya supaya memiliki kolesterol baik dalam tubuh. Caranya mudah, kita tinggal mencegah kadar LDL (kolesterol jahat) tidak meningkat dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, seperti gorengan, daging berlemak, fast food, dan ayam dengan kulit

2. Perbanyak olahraga

3. Hindari berat badan yang berlebihan

Jika diketahui kita telah terkena kolesterol jahat yang tinggi, ada juga cara untuk menangani hal tersebut. Selain dengan mengonsumsi makanan yang sehat-sehat, dapat juga dengan mengonsumsi minum air kelapa.

Bolehkah penderita kolesterol meminum air kelapa?

Pertanyaan di atas sering sekali muncul dan membuat bingung masyarakat. Sebetulnya penderita kolesterol boleh-boleh saja mengonsumsi air kelapa. Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim Food and Chemical Technology menjelaskan bawha kolesterol jahat bisa diturunkan dan kolesterol baik bisa ditingkatkan.

Caranya ya dengan mengonsumsi air kelapa muda yang masih segar. Air kelapa mengandung anti oksidan, vitamin, magnesium, asam amino, mangan yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu air kelapa mengandung mikronutrien yang bisa membuat kita awet muda, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Yang perlu kamu ingat adalah mengonsumsi air kelapa yanng masih segar dan muda, jangan sampai mengonsumsi air kelapa yang sudah tersedia dalam kemasan (produk).