We cant live without music.Mungkin kamu sering mendengar atau membaca pepatah tersebut. Sulit dibayangkan kita hidup tanpa musik karena secara tidak langsung musik sudah menjadi makanan sehari-hari. Entah di restoran, coffee shop, bahkan sampai ada yang mandi ditemani lagu sambil karaokean. Benar, kan?

Dilihat dari kebutuhan masyarakat yang menyukai musik, para promotor pun berlomba-lomba mengadakan festival atau konser musik. Terlebih lagi masyarakat kota yang tidak sedikit menyempatkan diri untuk menonton festival musik yang berlangsung di dalam maupun luar negeri demi mendapatkan kepuasan batin dan pengalaman yang menarik.

Jumlah penonton yang hadir pun beranekaragam, mulai dari yang kecil bahkan jutaan penonton rela hadir untuk melihat artis kesayangan mereka tampil dan bernanyi bersama. Tidak heran jika hampir setiap negara punya festival musik yang sudah mendunia, bahkan wajib dikunjungi penonton untuk merasakan vibe yang berbeda. Apa saja festival yang mendunia tersebut? Berikut daftarnya.

1. Coachella.

Ini dia 5 festival musik terbesar di dunia yang seru abis

Coachella merupakan tempat impian melepas stres bagi remaja dan orang dewasa di Amerika dan seluruh dunia. Festival musik yang berlokasi di California, Amerika Serikat dan diadakan tiap bulan April ini dihadiri oleh lebih dari 500.000-an hipsters dan menjadi magnet bagi manusia yang mendambakan kebebasan.

Panggungnya terdiri dari beberapa yang tersebar dan berdiri di tengah gurun Colorado dengan flashlight yang gemerlap menambah kesan hingar-bingar di festivalnya. Festival ini menampilkan genre musik yang beragam, mulai dari yang mainstream, alternatif, bahkan indie sekali pun ada. Bisa dibilang festival ini terkenal dengan artsy, fashionable, dan populer di dunia. Flashlight, ferriswheel, and hipsters.Tertarik? Ayo menabung buat nonton Coachella.

2. Tomorrowland.

Ini dia 5 festival musik terbesar di dunia yang seru abis

Berlokasi di Boom, Belgium festival musik ini didominasi oleh genre EDM. Bagi penikmat EDM tempat ini mungkin seperti surga bagi. Tahun lalu festival ini sudah menarik sekitar 400.000 pengunjung.

Acara ini biasanya diadakan setiap akhir bulan Juli. Konsepnya pun out of the box, mulai dari wristband yang unik dan tiket masuknya yang kreatif. Pengisi acaranya pun tidak perlu diragukan lagi, yaitu DJ berkelas seperti Matin Garrix, Alesso, Calvin Harris, David Guetta dan masih banyak lagi. Sama seperti Coachella, panggung di Tomorrowland pun tersebar di mana-mana. If you wanna have fun, lets go to the Tomorrowland.

3. Summerfest.

Ini dia 5 festival musik terbesar di dunia yang seru abis

The worlds largest music festival yaitu Summerfest Ground yang digelar setiap tahun di Henry Maier Festival Park. Festival ini pernah dihadiri 800 ribu penonton pada tahun 2016 lalu. Sesuai dengan namanya, festival ini turut menyemarakkan musim panas yang muncul pada bulan Juni-Juli di Amerika.

Di acara ini banyak menampilkan guest yang keren-keren dan menampilkan berbagai genre. Sebut saja ada Billie Eilish, Jason Mraz, Snoop Dogg, dan 300 penampil lainnya yang memeriahkan Summerfest tahun 2019. Harga tiketnya $120 dan kamu bisa menikmati musim panas satu bulan full dengan enjoy sambil menonton mereka. Love music and summer? Lets go to the Summerfest.

4. Glastonbury.

Ini dia 5 festival musik terbesar di dunia yang seru abis

Festival yang berlokasi di Pilton, Somerset, Inggris ini berlangsung meriah dengan penonton berjumlah 200 ribuan. Acara ini berlangsung dari tanggal 26 Juni-30 Juni 2019 dengan harga tiket GBP 240 atau sekitar Rp4,5 juta.

Biasanya di festival musik sampah akan berserakan di mana-mana, tapi tidak dengan festival Glastonbury. Di sini plastik dilarang keras beredar dan sebagai gantinya pihak penyelenggara membuat waduk buatan dan 850 keran air. Oleh karena itu festival ini menjadi festival paling ramah lingkungan.

Ada hal unik lainnya di festival ini. Identiknya festival musik diadakan sampai dini hari atau pagi akan selesai, namun Glastonbury mempunyai regulasi waktu yang tidak boleh melebihi dini hari. Ngomong-ngomong tentang penampil tahun 2019 ini, Glastonbury menampilkan pendatang baru Billie Eilish dan Rex Orange County serta penampil lain yang tak kalah seru. Glastonbury im lovin it!

5. Fuji Rock Festival.

Ini dia 5 festival musik terbesar di dunia yang seru abis

Ini dia Jepang punya! Festival yang bertempat di lokasi Naeba Ski Resort, Yuzawa, Perfektur Niigata, Jepang ini juga berada di sekitar kawasan Gunung Fuji. Seperti Glastonbury, Fuji Rock Festival juga mengikuti jejak mereka menjadi festival paling bersih di dunia.

Festival musik yang berada di hutan membuat suasana menjadi asri dan semakin diminati orang banyak. Dengan diikuti 200 lebih musisi Jepang dan Internasional membuat penikmat rock semakin terhibur. Setidaknya ada 125 ribu orang yang menjadi penikmat festival musik ini pada tanggal 26-28 Juli 2019 kemarin. Kapan lagi kan menonton konser dikelilingi panorama indah seperti Gunung Fuji dan asrinya hutan di Jepang? Ayo menabung supaya bisa nonton ke sana.