Banyak orang berpikir bahwa sinar ultraviolet berdampak buruk terhadap kesehatan kulit. Namun, sinar ultraviolet matahari juga menimbulkan dampak negatif bagi mata manusia.

Paparan radiasi ultraviolet berbahaya bagi lensa mata manusia karena dapat merusak protein dalam lensa mata. Paparan yang lebih sering meningkatkan risiko katarak yang berakibat merusak penglihatan. Selain berisiko katarak, kerusakan akibat sinar UV dapat meningkatkan risiko seseorang untuk degenerasi makula dan kanker mata. Paparan ultraviolet bisa berasal dari paparan langsung sinar matahari dan paparan dari cahaya yang dipantulkan (Linetsky, dkk, 2014; Park, dkk, 2019).

Menggunakan kacamata hitam ternyata dapat melindungi mata seseorang dari paparan sinar ultraviolet. Kacamata hitam menghalangi sinar UVA dan UVB merusak lensa mata (Masili, dkk, 2019; Backes, dkk, 2019). Semakin besar ukuran lensa semakin baik. Kacamata hitam berapa pun harganya ternyata bermanfaat untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari. Sinar matahari berdampak pada iritasi mata sampai dengan rusaknya penglihatan mata seseorang.

Melindungi matamu di balik kacamata hitam selain melindungi mata dari paparan sinar matahari juga punya dampak lain. Jika digunakan berlebihan justru tidak baik bagi tubuh manusia karena memengaruhi circadian clocks tubuh manusia yang berperan dalam mengatur tidur, nafsu makan, dan banyak lagi lainnya. Paparan sinar matahari pagi di mata cenderung membuat tidur lebih baik daripada mereka yang tidak mendapatkan sinar matahari pagi di mata sehingga mengenakan kacamata hitam di pagi hari dapat mengganggu proses ini (Duffy & Czeisler, 2009). Paparan sinar matahari pagi hari pada kulit juga diperlukan tubuh untuk vitamin D. Sinar ultraviolet UVB diperlukan untuk produksi vitamin D yang diinduksi oleh ultraviolet-B (UVB) di kulit (Nair & Maseeh, 2012).

Sinar matahari selain berbahaya namun juga bermanfaat bagi tubuh. Sehingga penggunaan kacamata hitam perlu lebih bijaksana. Kamu bisa menggunakan kacamata hitam pada siang hari yang menyengat. Tapi pada pagi hari kamu juga memerlukan paparan sinar matahari pagi.