Sebelum mengetahui tips mencegah asam urat, sebaiknya kita kenali dulu apa itu asam urat. Asam urat adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat di dalam darah. Pada kondisi normal asam urat dapat terbuang melalui urin, namun pada kondisi tertentu asam urat juga susah dibuang dan bisa menumpuk di dalam tubuh.

Pada kondisi seperti inilah yang bisa menyebabkan kondisi sakit dan nyeri pada sendi, sebab asam urat yang menumpuk itu kemudain membentuk kristal yang menusuk pada setiap persendian. Jadi secara ringkasnya penyakit asam urat adalah penyakit yang menyebabkan sakit pada persendian yang disebabkan oleh kadar asam urat yang berlebih di dalam tubuh.

Ini bahan makanan yang dianjurkan & dihindari untuk cegah asam urat

Image:https://rheumapas.com/mencegah-penyakit-asam-urat/

Tenang saja, ada beberapa tips untuk mencegah penyakit asam urat yang bisa kamu laksanakan dengan mudah melalui konsumsi 3 bahan makanan berikut ini.

1. Minum air putih yang cukup.

Air putih dapat mencegah tubuh terkena dehidrasi dan menjaga urin tetap encer. Maka dari itu minumlah air putih setidaknya 8 gelas per hari. Dengan kata lain kristal asam urat tidak akan mudah terbentuk jika keadaan urinmu encer. Jadi asam urat akan selalu terbuang dengan mudah melalui urine.

2. Mengonsumsi susu.

Susu memiliki kandungan yang dapat memperkuat tulang. Dan percaya atau tidak bahwa pada 1 gelas susu dapat membantu menurunkan kadar asam urat sebanyak 0,30 mg. Maka dari itu jika meminum susu setiap hari bisa membantumu terhindar dari penyakit asam urat.

3. Mengonsumsi buah ceri.

Buah ceri dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Hal ini terjadi karena buah tersebut memiliki kandungan anti oksidan dan memiliki purin yang rendah. Kebenaran manfaat buah ceri ini juga menjadi lebih kuat karena sebuah studi tahun 2013 dalam Journal of Nutrition juga menerangkan hal yang sama.

Di samping bahan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi, ada baiknya kamu juga menghindari 3 bahan makanan berikut ini.

1. Kurangi makanan tinggi purin.

Kurangi atau sebisa mungkin sebaiknya kamu menghindari makanan yang mengandung kadar purin, sebab jenis makanan tersebut bisa memicu penyakit asam urat. Bagi kamu yang tidak tahu apa saja jenis makanan purin itu. Contohnya daging merah (daging yang berasal dari hewan ternak besar seperti sapi, kambing, dll), dan jeroan (hari, otak, usus). Sedangkan sayur pun ada yang memiliki kandungan purin, di ataranya seperti kembang kol, jamur, bayam, kacang-kacangan, dan asaparagus.

2. Hindari minum kopi.

Kopi yang dimaksud adalah dari kandungan di dalamnya, yaitu kafein. Kafein bisa menghambat proses pengeluaran asam urat dalam tubuh sehingga asam urat semakin menumpuk di sekitar persendian. Bagi kamu pencinta kopi, jika masih ingin mengonsumsi kopi sebaiknya cari jenis kopi yang tidak mengandung terlalu banyak kafein agar dapat menurunkan risiko terkena penyakit asam urat.

3. Hindari minuman beralkohol.

Yang terakhir yaitu minuman beralkohol. Semua jenis minuman yang mengandung alkohol tetunya memiliki kadar purin di dalamnya. Jika kamu sering mengonsumsinya maka bisa meningkatkan risiko terkena asam urat. Jadi sebaiknya kamu hindari pengonsumsiannya.

Seperti itulah tips yang paling sederhana untuk mencegah penyakit asam urat. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi pembaca.