Menjadi seorang penyiar radio merupakan profesi idaman bagi sebagian orang yang memimpikan untuk bisa bekerja dan berkarir di industri media massa. Hal itu bukan tanpa sebab, karena bekerja sebagai seorang penyiar radio memiliki beberapa keuntungan tersendiri yang tidak dimiliki oleh profesi lainnya.

Seperti jam kerja yang fleksibel, tidak terikat dengan seragam kerja, tingkat stress kerja yang rendahdan tentu buat kamu pencinta musik, bekerja di radio adalah pilihan yang tepat karena kamu akan merasa terhibur setiap saat.

Tapi sebelum itu, yuk kenali dulu 7 kemampuan dasar di bawah ini, yang harus kamu miliki untuk bisa menjadi penyiar radio.

1. Percaya diri.

Ini 7 kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh Penyiar Radio

Photo by: Adult background beard on pexel

Percaya diri adalah modal utama bagi seorang penyiar radio, karena dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi, tentunya kamu akan dapat mengatasi rasa gugup yang kamu rasakan pada saat siaran nanti.Memiliki rasa percaya diri juga akan membuat kamu dapat lebih merasa yakin untuk bisa menyampaikan setiap informasi kepada para pendengarmu dengan intonasi dan artikulasi yang benar tanpa mengalami 'gagap' saat menyampaikannya. Hal itu tentunya dapat membuatmu bisa lebih menikmati 'air time'nya kamu.

2. Ramah.

Ini 7 kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh Penyiar Radio

Photo: byOmar LopezonUnsplash

Tidak bisa dipungkiri dengan menjadi seorang penyiar radio, dapat dikatakan juga sebagai seorang public figureyang mana kehidupannya akan selalu menjadi sorotan bagi masyarakat khususnya bagi para pendengarnya.Bahkan tak jarang juga setiap pendengarnya pun akan datang ke studio siaran untuk bisa bertemu dengan penyiar idolanya.

Oleh karena itu sikap ramah juga harus dimiliki oleh setiap penyiar radio, baik itu kepada sesama crew radio maupun kepada para pendengarnya, karena dengan memiliki sikap yang ramah kepada sesama akan membuat orang-orang disekitar kita merasa nyaman berada bersama dengan kita.

3. Mampu berbahasa Inggris.

Ini 7 kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh Penyiar Radio

Photo bySusan YinonUnsplash

Jika kamu sudah berniat untuk menjadi seorang penyiar radio, maka tidak ada salahnya bagi kamu untuk mulai memperdalam lagi ilmu bahasa Inggris kamu.Karena bagaimana pun, pada saat kamu nanti telah menjadi seorang penyiar radio maka kamu akan sering bertemu dan mewawancarai berbagai musisi maupun aktor film dari luar negeri, yang tentunya menuntut kamu untuk bisa mengali informasi sebanyak-banyaknya dari mereka.Oleh karena itu, memiliki kemampuan berbahasa Inggris dirasa perlu untuk kamu miliki agar dapat memudahkan pekerjaanmu.

4. Memiliki wawasan musik yang luas.

Ini 7 kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh Penyiar Radio

Photo byNatalie PereaonUnsplash

Bisa dikatakan, musik sudah menjadi urat nadi bagi seorang penyiar radio. Karena hampir secara keseluruhan, pekerjaan yang dilakukan oleh seorang penyiar radio akan selalu berhubungan dengan musik.Seperti menyusunplaylistlagu, membuatchart musik, memutarkanrequest-anlagu dari para pendengar, dan membahas topik tentang musisi-musisi dan album yang mereka luncurkan.

Oleh karena itu memiliki wawasan musik yang luas, tentulah sudah menjadi keharusan bagi kamu, untuk bisa menjadi seorang penyiar radio, agar nantinya kamu bisa lebih menikmati pekerjaanmu.

5. 'Update' info terkini.

Ini 7 kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh Penyiar Radio

Photo byrawpixelonUnsplash

Seiring dengan kemajuan dunia teknologi, berbagai kemudahan pun sudah bisa kita rasakan saat ini seperti hal nya kemudahan dalam mengakses informasi yang sekarang jauh lebih mudah dan efektif.Kini semua informasi dapat kita akses hanya melaluihandphonesaja, tanpa harus repot-repot membeli koran atau majalah. Kemudahan dalam mengakses informasi seperti ini, juga sangat bermanfaat bagi seorang penyiar radio dalam melakukan siaran.

Salah satunya yaitu materi siaran yang dibawakan akan selalufreshdan mengikuti apa yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat luas, oleh karena itu seorang penyiar juga dituntut harus dapat lebihupdate dan peka terhadap informasi terkini, agar materi siaran yang akan dibawakan dapat memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dan tentu dapat menarik minat dari para pendengar.

6. Intonasi, artikulasi, speed.

Ini 7 kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh Penyiar Radio

Photo byBogomil MihaylovonUnsplash

Kunci keberhasilan bagi seorang penyiar radio dalam melakukan proses siaran yaitu terletak pada informasi yang disampaikannya. Di mana informasi tersebut haruslah yang menarik, akurat, dan dapat disampaikan dengan baik dan benar.

Bagi seorang penyiar radio, menguasai artikulasi, intonasi, dan speed sudah menjadi sebuah keharusan yang wajib dimiliki. Karena dengan demikian setiap pesan yang akan disampaikan dapat tersampaikan dengan pelafalan kalimat yang jelas, tinggi/rendahnya suara yang pas dan kecepatan yang tepat saat berbicara.Sehingga dengan begitu, informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh siapapun yang mendengarnya.

7.Team work.

Ini 7 kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh Penyiar Radio

Photo byrawpixelonUnsplash

Sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang tentu tidak dapat hidup sendiri, melainkan akan selalu membutuhkan orang lain (zoon politicon). Hal itu juga yang berlaku dalam dunia pekerjaan saat ini, dimana untuk mencapai sebuah kesuksesan dibutuhkan sebuah tim yang solid dan yang mau saling mendukung dan membantu demi tercapainya tujuan bersama.

Oleh karena itu, menjadi seorang penyiar radio juga dituntut untuk bisa bekerjasama dalam sebuah tim dan mampu berkoordinasi dengan baik antar sesama karyawan dalam menghadapi setiap permasalahan.Hindarilah juga sifat individual dalam sebuah tim, karena hal itu hanya akan membuatmu tidak bisa berkembang di pekerjaanmu nantinya.

Well, itu dia 7 kemampuan dasar yang wajib kamu miliki kalau kamu ingin menjadi penyiar radio. Silahkan tulis pendapatmu di kolom komentar ya!