Keluarga Berencana (KB) merupakan cara pengaturan jumlah keluarga dengan membatasi jumlah kelahiran. Keluarga Berencana (KB) selama ini identik dengan wanita. Padahal sebenarnya, pria juga bisa melakukan KB. Tetapi sayangnya, belum banyak pria yang mau ber-KB. Beberapa tahun ini, KB pria begitu digalakkan oleh pemerintah agar partisipasi pria dalam ber-KB meningkat. Beberapa instansi pemerintahan memberikan hadiah bagi pria yang mau menjadi peserta KB Vasektomi.

Metode vasektomi yang sedang digalakkan pemerintah adalah metode kontrasepsi mantap atau steril. Artinya, setelah dilakukan metode tersebut akan terjadi ketidaksuburan yang permanen. Vasektomi dilakukan dengan operasi pemotongan vas deferens(saluran sperma) sehingga saluran tersebut terpisah. Vasektomi mempunyai beberapa keuntungan, yaitu efektif, aman, sederhana, dan cepat. Akan tetapi, vasektomi juga mempunyai banyak kerugian yaitu diperlukan tindakan operatif dan kadang-kadang menyebabkan komplikasi (infeksi). Terdapat beberapa kontraindikasi vasektomi yaitu penyakit kulit lokal (Scabies), infeksi saluran kemaluan, dan kelainan skrotum.

Selain metode vasektomi, juga terdapat metode KB pria lain yaitu dengan kondom. Metode ini telah lama dikenal dalam masyarakat, akan tetapi penggunanya juga belum begitu banyak. Kondom dapat menghalangi masuknya sperma ke dalam rahim wanita.Kondom mempunyai beberapa keuntungan yaitu dapat mencegah kehamilan, memberi perlindungan terhadap penyakit penular seksual (PMS), dapat diandalkan, murah, mudah didapat, sederhana, disposable (sekali pakai), reversibel dan cepat mengembalikan kesuburan. Akan tetapi, terdapat beberapa kerugian kondom yaitu kegagalan relatif tinggi bila kondom bocor atau sobek, mengganggu aktivitas seksual karena harus dipakai sebelum ejakulasi dan dilepas segera setelah ejakulai agar tidak tumpah. Kondom dibuat dengan beberapa model yaitu model transparan, berwana (merah, hijau, kuning), berujung datar atau berujung kantong, kering atau berpelumas dan bergerigi atau licin.

Kedua metode tersebut merupakan metode KB yang harus pria ketahui. Jika para pria tertarik pada metode tersebut, langsung saja datang ke petugas kesehatan atau rumah sakit di sekitarmu.