Pernahkah anda di sangka lebih tua dari usia anda sebenarnya? Jika iya, tentu saja hal tersebut sangat mengganggu anda. Gaya hidup sehat adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan penampilan anda. Jika anda seorang perokok, maka sebaiknya anda berhenti merokok sekarang juga. Karena selain menyebabkan banyak penyakit seperti penyakit paru-paru, penyakit impotensi dan reproduksi, penyakit lambung dan resiko stroke (Kementrian Kesehatan RI: 2015), merokok juga bisa membuat penampilan anda lebih tua dari usia anda sebenarnya.

Dilansir sebuah halaman situs kesehatan www.webmd.com (2017) bahwa ada beberapa efek merokok yang sangat mengejutkan dan mempengaruhi penampilan fisik anda di antaranya warna kulit kusam dan pucat karena kulit kehilangan oxigen dan nutrisinya, kulit mengendur karena kandungan kimiawi dalam tembakau merusak kolagen dan elastisitas kulit.

Garis-garis halus di sekeliling bibir yang tidak di miliki oleh bukan perokok, noda hitam di wajah, kerusakan gigi, kerontokan rambut dan juga beberapa penyakit lainnya seperti katarak dan psoriasis.

Perubahan penampilan dan penyakit tersebut biasanya di alami oleh orang yang mulai memasuki usia lansia, namun hal itu bisa terjadi pada anda para perokok meskipun usia anda masih muda. Oleh karena itu, bagi anda yang sangat memperhatikan kesehatan dan juga penampilan sebaiknya anda tidak merokok dan jika anda sudah menjadi perokok, anda harus berhenti sekarang juga.

Pemerintah Indonesia, khususnya kementerian kesehatan telah sejak lama mengkampanyekan untuk berhenti merokok dan bahkan telah melakukan banyak tindakan untuk membuat para perokok memikirkan bahaya merokok.

Seperti yang beberapa tahun ini di lakukan yaitu dengan menambahkan gambar-gambar penderita penyakit yang di derita perokok juga iklan/tayangan yang mengusung tema berhenti merokok.

Kesimpulanya merokok sangat membahayakan bagi tubuh karena menimbulkan banyak penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan kematian, selain itu merokok juga bisa membuat penampilan pecandu rokok menjadi lebih tua dari usia sebenarnya.